Louis van Gaal Benarkan Kegagalan Manchester United Boyong Sadio Mane

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 23 September 2022
Louis van Gaal Benarkan Kegagalan Manchester United Boyong Sadio Mane
Sadio Mane (Twitter)

BolaSkor.com - Dalam kurun waktu enam tahun dengan Liverpool, Sadio Mane pergi dengan warisan besar berupa titel Liga Champions, Piala Liga, Piala FA, dan Premier League yang sudah dinanti selama 30 tahun.

Kepergian pemain berusia 30 tahun ke Bayern Munchen pada bursa transfer musim panas 2022 meninggalkan ruang di lini serang Liverpool. Belum ada pemain yang dapat menggantikan Mane di sisi kiri serangan.

Diogo Jota, Roberto Firmino, Luis Diaz, dan pengganti Mane, Darwin Nunez, punya tipikal bermain berbeda dan Mohamed Salah sudah pasti mengisi pos kanan serangan Liverpool. Etos kerja dan kualitasnya jadi nilai plus mengenai Sadio Mane.

Kendati demikian dari sisi karier Sadio Mane dan Liverpool, kerja sama keduanya menghasilkan prestasi nyata. Tak terbayang apabila Mane tidak ke Liverpool pada 2016 setelah sebelumnya membela RB Salzburg dan Southampton.

Baca Juga:

Liverpool Angin-anginan, Piala Dunia 2022 Diduga Jadi Penyebabnya

Terungkap, Arthur Melo Bukan Target Utama Liverpool

Jurgen Klopp Ungkap Alasan Liverpool Boyong Arthur Melo

Uniknya, Sadio Mane pun membenarkan apabila ia sudah nyaris gabung klub rival Liverpool, Manchester United. Akan tapi berkat campur tangan Jurgen Klopp, Mane pun memilih bermain untuk Liverpool dengan proyek jangka panjang.

"Saya memiliki kontrak di sana. Saya telah menyetujui semuanya. Tetapi sebaliknya, saya berpikir, 'Tidak, saya ingin pergi ke Liverpool.' Saya yakin untuk pergi dengan proyek (Jurgen) Klopp," terang Mane beberapa waktu lalu.

"Saya masih ingat pertama kali saya mendapat telepon dari Klopp. Dia berkata, 'Kami memiliki proyek besar di Liverpool dan saya ingin Anda menjadi bagian darinya'."

Manajer Man United kala itu, Louis van Gaal, membenarkan apabila klub nyaris mendapatkan pemain timnas Senegal saat itu. Van Gaal sangat menginginkannya tapi Liverpool bergerak lebih cepat.

"Sadio Mane adalah pemain tim sejati dan inilah alasan mengapa saya sangat ingin mengontraknya (di Manchester United). Ini adalah pemain yang sulit untuk dilawan," ungkap Van Gaal kepada media Belanda NOS.

Bahkan saat masih membela Southampton di musim terakhir, Mane menorehkan hat-trick gol lawan Manchester City dan mencetak dua gol ke gawang Liverpool. Dia menyelesaikan musim dengan 15 gol dan sembilan assists dari 43 laga di seluruh kompetisi.

Louis van Gaal Manchester United Sadio Mane Liverpool Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.335

Bagikan