Lorenzo Ungkap Alasan Honda Lambat Berkembang

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 13 Januari 2024
Lorenzo Ungkap Alasan Honda Lambat Berkembang

BolaSkor.com – Jorge Lorenzo ikut angkat bicara terkait kegagalan Honda dalam mengembangkan motornya. Legenda MotoGP ini menjelaskan lambatnya berkembang Honda karena faktor Marc Marquez.

Hingga saat ini banyak pihak yang menduga Honda sulit berkembang karena mendepak Dani Pedrosa. Pabrikan berlambang sayap mengepak itu dianggap telah melakukan kesalahan fatal dengan membuang pembalap penguji yang bertalenta.

Terbukti usia Pedrosa keluar, Honda mengalami kemunduran performa. Sebaliknya, KTM yang memutuskannya merekrut Pedrosa justru mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Hal ini dapat dilihat melalui melalui hasil positif yang diraih mereka pada musim 2023. Tercatat KTM berhasil merebut posisi kedua dalam klasemen konstruktor. Padahal di musim sebelumnya, pabrikan asal Austria itu hanya mampu menduduki posisi keempat.

Namun Lorenzo menilai hengkangnya Pedrosa bukanlah satu-satunya alasan Honda lambat berkembang. Menurutnya Marquez juga ikut ambil bagian dalam mempersulit proses pengembangan motor Honda.

“Sangat mudah untuk merangkum argumen seperti, ‘ini semua karena Honda tidak lagi memiliki Dani Pedrosa'. Tidak, menurut saya ada beberapa hal yang turut andil, salah satunya adalah Marc Marquez yang memiliki gaya spesial yang berbeda jauh dari pembalap pada umumnya,” terang Lorenzo.

“Pembalap biasa tidak akan mengerem dengan cara yang brutal, atau berkendara secara ekstrim seperti Marquez. Jika Marquez menjadi orang yang mengatur evolusi motor, dia akan menciptakan motor yang sesuai dengan dirinya, tetapi tidak cocok dengan pembalap pada umumnya”.

“Tanpa kehadiran Pedrosa, Marquez mengambil tugas itu. Juga benar, cedera yang dialaminya Marquez membuat Honda kehilangan kepemimpinan selama setengah dari tiga tahun terakhir,” lanjutnya.

Tidak hanya itu saja, keberhasilan Ducati dalam menciptakan teknologi yang revolusiner turut memperparah kondisi Honda. Kini tim yang dinakhodai oleh Allberto Puig ini tertinggal jauh karena kalah dalam persaingan teknologi.

“Dan di atas itu semua, kebangkitan Ducati bersama Gigi Dall'Igna di level ide dan teknologi sangat superior. Faktanya pabrikan Eropa, bersama Yamaha mampu meniru ide yang dibuat Gigi dan para insinyurnya,” tandasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Jorge lorenzo
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan