Liverpool 0-0 Manchester United: Red Devils Bawa Pulang Satu Poin dari Anfield

Arief HadiArief Hadi - Senin, 18 Desember 2023
Liverpool 0-0 Manchester United: Red Devils Bawa Pulang Satu Poin dari Anfield
Liverpool 0-0 Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Di luar dugaan, Manchester United mengukir rekor kala bermain di Anfield, markas Liverpool pada lanjutan pekan 17 Premier League, Minggu (17/12) malam WIB. Laga North West Derby berakhir imbang tanpa gol.

Man United, menurut BR Football, jadi tim pertama yang tidak kalah di Anfield musim ini, juga tim pertama yang menghentikan Liverpool mencetak gol.

Man United juga menghentikan tren kemenangan Liverpool di Anfield di seluruh kompetisi musim ini, yang sudah menang 11 kali sebelumnya.

Baca Juga:

5 Kerugian Besar Manchester United Usai Tersingkir dari Liga Champions

5 Pemain yang Pernah Membela Liverpool dan Manchester United

Jadon Sancho dan 5 Pemain Manchester United yang Berseberangan dengan Erik Ten Hag

Dengan catatan tersebut, Liverpool kini ada di urutan dua klasemen dengan 38 poin dari 17 laga, sementara Man United menempati peringkat tujuh dengan 28 poin - terpaut enam poin dari Manchester City di urutan empat klasemen.

Jalannya Pertandingan

Liverpool memainkan taktik 4-3-3 dengan mengandalkan Luis Diaz, Darwin Nunez, Mohamed Salah di lini depan. Man United, tanpa Bruno Fernandes, dengan taktik 4-2-3-1 dan Scott McTominay menempati posisi Fernandes sebagai gelandang serang.

Jalannya pertandingan di babak pertama didominasi penuh Liverpool. Tuan rumah intens menyerang dan mengurung Man United di sepertiga akhir pertahanan. Man United praktis hanya mengandalkan serangan balik.

Pada beberapa momen, Man United punya peluang melakukannya dari serangan balik, tetapi karena tekanan (pressure) tinggi dari para pemain Liverpool, serangan itu kandas, khususnya McTominay yang kesulitan keluar dari tekanan tersebut.

Alisson, kiper Liverpool, sama sekali tak dipaksa untuk bekerja keras dengan minimnya peluang Man United. Liverpool terus menekan, tetapi peluang nyata mereka datang dari situasi bola mati, kala tandukkan Virgil van Dijk ditepis Andre Onana.

Sampai dua menit tambahan waktu di babak pertama berakhir tidak ada gol yang tercipta di Anfield. Skor 0-0 di antara Liverpool kontra Man United.

Permainan tidak berubah di babak kedua di Anfield. Jurgen Klopp juga telah coba mengubah permainan timnya dengan memainkan Cody Gakpo, Joe Gomez, Curtis Jones, dan Harvey Elliott.

Man United masih tetap berpegang teguh pada permainan bertahan dan mengandalkan serangan balik. Di beberapa kesempatan gaya main itu merepotkan Liverpool, terutamanya dari serangan balik, seperti peluang dari Rasmus Hojlund yang ditepis Alisson.

Erik ten Hag juga memasukkan pergantian mulai dari Marcus Rashford, Hannibal Mejbri, dan Facundo Pellistri. Akan tapi tidak ada perubahan signifikan yang diberikan mereka.

Malah, Man United harus bermain dengan 10 pemain ketika Diogo Dalot menerima kartu merah di menit 90+4. Dalot menerima dua kartu kuning karena dinilai berkata kasar atau emosional dengan keputusan wasit Michael Oliver.

Kendati demikian, Man United mampu menahan gempuran Liverpool dan meninggalkan Anfield dengan satu poin. Laga berakhir imbang 0-0 di North West Derby.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Kostas Tsimikas, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Trent Alexander-Arnold; Ryan Gravenberch (Cody Gakpo 61'), Wataru Endo, Dominik Szoboszlai (Joe Gomez 61'); Luis Diaz (Curtis Jones 78'), Darwin Nunez (Harvey Elliott 78'), Mohamed Salah

Pemain Cadangan: Cody Gakpo, Jarell Quansah, Adrian, Harvey Elliott, James McConnel, Conor Bradley, Joe Gomez, Caoimhin Kelleher, Curtis Jones.

Pelatih: Jurgen Klopp

Manchester United (4-2-3-1): Andre Onana; Luke Shaw, Raphael Varane, Jonny Evans, Diogo Dalot; Kobbie Mainoo (Hannibal Mejbri 82'), Sofyan Amrabat; Alejandro Garnacho (Marcus Rashford 71'), Scott McTominay, Antony (Facundo Pellistri 82'); Rasmus Hojlund

Pemain Cadangan: Altay Bayindir, Hannibal Mejbri, Facundo Pellistri, Daniel Gore, Willy Kambwala, Marcus Rashford, Donny van de Beek, Sergio Reguilon, Aaron Wan-Bissaka.

Pelatih: Erik ten Hag

Premier League Liverpool Manchester United Anfield
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan