Legenda Liverpool Analisis Faktor di Balik Penurunan Performa The Reds

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 09 September 2022
Legenda Liverpool Analisis Faktor di Balik Penurunan Performa The Reds
Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool memasuki musim 2022-2023 masih sebagai kandidat kuat juara di ajang-ajang yang diikuti. Meski ditinggal Sadio Mane ke Bayern Munchen, The Reds masih tetap tim yang kuat dengan pemain-pemain andalan yang masih tersisa.

Masih ada Virgil van Dijk, Fabinho, Mohamed Salah, Roberto Firmino, Diogo Jota, Alisson, hingga Trent Alexander-Arnold dalam skuad arahan Jurgen Klopp. Tetapi faktor cedera pemain menganggu awal musim Liverpool.

Liverpool tertatih-tatih di awal musim Premier League dan di laga pertama grup Liga Champions kalah telak 1-4 lawan Napoli. Alarm peringatan pun muncul. Apabila Klopp tidak mengubah situasi tersebut Liverpool bisa mengalami kesulitan yang berlanjut.

Legenda Liverpool Steve Nicol menganalisis faktor di balik penurunan performa Liverpool, ada dua hal yang diamatinya, yakni lini tengah dan juga lini belakang.

Baca Juga:

4 Masalah Liverpool yang Harus Diselesaikan Jurgen Klopp

Hasil Liga Champions: Bayern Tekuk Inter, Napoli Permak Liverpool, Barcelona Menang Besar

Digulung Napoli 4-1, Klopp: Lawan Berikutnya Akan Menertawakan Liverpool

Overrated, Virgil van Dijk Tak Bisa Dibandingkan dengan John Terry atau Rio Ferdinand

Pada area tengah, menurut Nicol, Klopp tak punya banyak opsi setelah Jordan Henderson dan Thiago cedera. Meski telah mendatangkan Arthur Melo, lini tengah Liverpool tidak membaik seiring bermainnya James Milner dan Harvey Elliott.

Milner sudah berusia 36 tahun dan sepantasnya jadi pemain pelapis, bukan starter yang bermain reguler, sementara Elliott baru berusia 19 tahun dan belum sepenuhnya memiliki pengalaman besar.

"Tidak ada pertanyaan (lagi), Anda harus bersimpati dengan Liverpool karena cedera pemain mereka," ucap Nicol kepada ESPN.

“Anda harus memainkan James Milner, yang menandatangani kontrak pada dasarnya untuk dapat memberi pemain lain (waktu) istirahat dan masuk selama setengah jam. Untuk itulah James Milner menandatangani kontrak baru dan itulah mengapa mereka memintanya untuk melakukannya."

“Tapi dia harus bermain di pertandingan terbesar Anda musim ini, dan Harvey Elliott adalah seorang pemula. Pemain ini sedang mempelajari keahliannya dan ketika Anda memiliki dua gelandang Anda di posisi mereka, satu tanpa pengalaman, dan satu dengan terlalu banyak pengalaman, maka ruang mesin akan bermasalah."

Selain lini tengah, Nicol juga melihat lini bertahan sebagai masalah terbesar. Padahal di area itu Liverpool hanya kehilangan Ibrahima Konate karena cedera, sementara pemain lain seperti Van Dijk, Alisson, Andy Robertson, dan Alexander-Arnold dalam kondisi fit.

"Bagi saya masalah terbesar adalah lini belakang, dan itu tergantung pada pelatihan. Karena lini belakang terlihat seolah-olah mereka tidak bekerja pada pertahanan apapun sejak awal musim. Ini benar-benar berantakan," urai Nicol.

Liverpool Premier League Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.303

Bagikan