Lari, Tenis, dan Golf Jadi Olahraga Favorit Pengguna Garmin

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 02 Februari 2024
Lari, Tenis, dan Golf Jadi Olahraga Favorit Pengguna Garmin
Melanie Putria merupakan salah satu influencer yang senang olahraga lari. (Garmin)

BolaSkor.com - Garmin Indonesia senang dapat menjadi bagian dari masyarakat yang mulai meninggalkan gaya hidup sedentary, atau orang-orang yang lebih senang bermalas-malasan ketimbang melakukan aktivitas fisik, ke gaya hidup aktif.

Berdasarkan data dari Aplikasi Garmin Connect, pengguna Garmin di Indonesia menyukai tiga jenis olahraga sepanjang tahun 2023 kemarin, yaitu lari, tenis dan golf.

Sebagai informasi, aplikasi Garmin Connect memiliki lebih dari 65 juta global active user. Sementara untuk di Indonesia sendiri tercatat sebanyak lebih dari 640 ribu orang yang menjadi pengguna aktif aplikasi Garmin Connect.

Olahraga lari di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan. Misalnya, data menunjukkan bahwa dari 2022 ke 2023 terjadi peningkatan minat masyarakat terhadap olahraga lari sebanyak 79,48 persen. Garmin turut andil di situ karena sempat menggelar event Garmin Run Indonesia - Asian Series, yang diikuti 5000 pelari.

"Maraknya lomba lari ibarat bahan bakar roket bagi olahraga di Indonesia. Berlari di Indonesia bukan hanya tentang meraih medali, mengalahkan rekor personal, tapi tentang persahabatan dan penemuan diri. Balap lari menyediakan platform yang sempurna untuk semua itu,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Marketing Communication Manager Garmin Indonesia.

Sementara untuk aktivitas walking atau berjalan kaki, Garmin juga menemukan peningkatan sebesar 66,47% pada periode yang sama. Hal ini menyoroti pentingnya aktivitas fisik dan komitmen terhadap gaya hidup sehat dan aktif. Garmin mencatat, rata-rata orang Indonesia mengambil 5577 langkah setiap hari, yang sebuah dedikasi yang patut dipuji untuk tetap aktif.

Tenis & Golf: Olahraga Favorit Kekinian di Indonesia

Kemudian, olahraga tenis juga mengalami peningkatan sangat pesat dari 2022 ke 2023, sebesar 18.148,48%. Peningkatan ini disebabkan beberapa faktor, seperti pandemi Covid-19 yang meningkatkan minat terhadap aktivitas luar ruangan, dan memadukan antara olahraga, interaksi sosial, serta menjaga jarak yang aman. Selain itu, keterjangkauan dan aksesibilitas lapangan tenis juga berperan besar dan didukung juga dengan maraknya pemain tenis selebriti di Indonesia turut berkontribusi terhadap booming-nya popularitas olahraga ini

Menyusul aktivitas tenis, golf menjadi aktivitas favorit pengguna Garmin di Indonesia pada tahun 2023. Tercatat 27.290 aktivitas golf dilakukan pada 2023. Meningkatnya jumlah lapangan umum, peralatan yang terjangkau, dan format permainan yang fleksibel membuat golf kini lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Menyelam, HIIT, Berenang dan Mendaki: Olahraga dengan Pertumbuhan Tinggi di Indonesia

Garmin Connect juga menemukan sejumlah tren dari sejumlah aktivitas olahraga yang mengalami peningkatan minat dari masyarakat di Indonesia. Mulai dari berjalan-jalan di trotoar hingga menjelajahi kedalaman laut, dan melampaui batas dengan olahraga intensitas tinggi, masyarakat Indonesia kini menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.

Olahraga ekstrem seperti menyelam berhasil memikat banyak orang dengan peningkatan aktivitas hingga 329,22% di Indonesia. Dari terumbu karang yang menakjubkan hingga ketenangan saat menyelam dengan apnea, alam bawah laut menawarkan petualangan, eksplorasi, dan pengalaman berolahraga yang unik.

Disusul kemudian dengan aktivitas HIIT dengan peningkatan sebesar 201,92% dan menjadikannya pilihan olahraga populer bagi mereka yang mencari olahraga hemat waktu. Selain itu, aktivitas renang juga mencatatkan kenaikan sebesar 133,33% aktivitas berenang dilakukan oleh pengguna Garmin di Indonesia selama 2023.

Meningkatnya aktivitas renang mencerminkan gairah terhadap kesehatan fisik. Garmin Connect App mencatat kenaikan sebesar 133.33% aktivitas berenang dilakukan oleh pengguna Garmin di Indonesia selama 2023. Mulai dari putaran yang energik hingga rutinitas yang tersinkronisasi, masyarakat Indonesia mulai terjun dalam dunia renang yang dinamis, mengubah setiap renang menjadi ekspresi hidup dari kesehatan dan komunitas.

Kegiatan hiking juga ternyata cukup diminati pengguna Garmin dengan peningkatan signifikan pada tahun 2023. Daya tarik topografi Indonesia yang beragam telah memicu peningkatan aktivitas pendakian secara signifikan. Kenaikan sebesar 77,13% berhasil direkam oleh Garmin Connect sepanjang tahun lalu. Mendaki gunung, yang dahulu dianggap sebagai aktivitas khusus, kini menjadi upaya yang berkembang pesat, menghubungkan individu dengan alam, meningkatkan kebugaran, dan menciptakan kenangan abadi. Garmin melihat bahwa lonjakan aktivitas olahraga yang luar biasa ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Dimulai dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan fisik dan mental, sehingga mendorong mereka untuk lebih banyak bergerak dan berolahraga. Kesadaran tersebut juga didukung dengan kemudahan akses dan mulai terjangkaunya berbagai olahraga, serta tersedianya banyak variasi olahraga, seperti berlari, hiking, HIIT, renang hingga menyelam.

Faktor lainnya yang juga mendorong terjadinya peningkatan pada aktivitas olahraga adalah media sosial. Influencer kebugaran dan komunitas daring berperan dalam menginspirasi serta memotivasi banyak individu untuk mencoba aktivitas baru dan menjalani gaya hidup lebih sehat.

“Menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan bisa menjadi sebuah perjuangan, namun menggabungkan aktivitas seperti tenis dan HIIT ke dalam rutinitas kita dapat membuat perbedaan besar. Aktivitas tersebut membantu kita mengelola stres, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan fokus, yang pada akhirnya menghasilkan produktivitas dan kesejahteraan yang lebih besar, baik di dalam maupun di luar pekerjaan,” tutup Chandrawidhi.

Breaking News Lari Tenis Golf
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan