Lamine Yamal dan Karier Bintang-bintang Eropa pada Usia 15 Tahun

Arief HadiArief Hadi - Senin, 01 Mei 2023
Lamine Yamal dan Karier Bintang-bintang Eropa pada Usia 15 Tahun
Lamine Yamal (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona kembali ke laju kemenangan usai mengalahkan Real Betis dengan skor telak 4-0 di Camp Nou, Minggu (30/04). Hasil itu membuat Barcelona tetap menjaga jarak dengan rival perebutan titel LaLiga, Real Madrid, tetap 11 poin.

Satu momen menarik dari pertandingan di Camp Nou itu adalah Produk La Masia Lamine Yamal. Saat ia bermain selama tujuh menit terakhir laga Yamal menjadi pemain termuda dalam sejarah yang membuat debut untuk Barcelona di LaLiga.

Yamal memainkan debutnya pada usia 15 tahun, sembilan bulan, dan 16 hari. Pada usia tersebut jangankan untuk memulai debut profesional di tim utama, di klub sekaliber Barcelona, kebanyakan pemain tidak memikirkannya sama sekali.

"Ketika saya berusia 15 tahun saya bermain di tim lokal saya. Sungguh luar biasa apa yang telah dia (Yamal) lakukan. Dia memiliki banyak kualitas dan dia nyaris mencetak gol. Sayang sekali, tapi saya yakin dia akan melakukannya cepat atau lambat," tutur Raphinha mengomentari debut Yamal.

Baca Juga:

Lamine Yamal, Produk Terbaik La Masia sejak Lionel Messi

Gelandang Barcelona Rayakan Kekalahan Real Madrid

Berkomitmen dengan Chelsea, Kalidou Koulibaly Juga Bahas Situasi Sulit Klub

Yamal berprospek masa depan cerah tapi saat ini terlalu cepat untuk membandingkannya dengan nama-nama top lain di Eropa. Kariernya baru dimulai. Apa yang menarik adalah pada usia 15 tahun ia sudah memainkan debut di tim utama klub sebesar Barcelona.

Xavi, yang menilai Yamal bisa mengikuti jejak sukses Lionel Messi, punya alasan memainkannya di tim utama Barcelona. Catatannya sejak bermain menggantikan Gavi cukup bagus untuk pemain yang baru sebentar tampil.

Pengguna nomor punggung 41 bermain selama tujuh menit dengan catatan satu tendangan tepat sasaran, 12 kali menyentuh bola, dan punya 100 persen kesuksesan rata-rata mengoper bola (delapan dari delapan operan).

Yamal menunjukkan teknik bermain bersama dengan tendangan, kecepatan, dribel bola, keberanian, dan karakter kuat. Ia tak terpengaruh dengan atmosfer di Camp Nou dan juga melawan pemain-pemain Betis.

"Mimpi menjadi kenyataan. Senang bisa melakukan debut dengan seragam ini! Terima kasih banyak atas dukungannya. Mari terus bekerja. Visca el Barcelona," papar Yamal.

Bintang-bintang Eropa di Usia 15 Tahun

Yamal melakukan apa yang bahkan tidak dilakukan nama-nama atau bintang yang terkenal di Eropa pada usia 15 tahun. Contoh terdekat adalah legenda Barcelona, Lionel Messi, yang kini bermain di Paris Saint-Germain (PSG).

Pada usia 15 tahun Messi sudah di Barcelona setelah direkrut dari akademi Newell's Youth, tapi Messi kala itu masih bermain di akademi alias La Masia.

Kemudian ada Cristiano Ronaldo. Legenda Manchester United dan Real Madrid masih membela Sporting Lisbon U-17 pada usia 15 tahun. Begitu juga Robert Lewandowski yang masih bermain bola di MKS Warsaw Warschau (klub tak terkenal).

Sedangkan Zlatan Ibrahimovic dan Erling Haaland, pada usia tersebut, sedang menyita perhatian melalui performa mereka di usia muda klub: Ibrahimovic dengan Malmo dan Haaland bersama Bryne FK.

Lalu dua bintang PSG, Kylian Mbappe dan Neymar, juga belum begitu terdengar. Neymar bermain dengan tim muda Santos dan Mbappe baru bermain di AS Monaco setelah ditransfer dari INF Clairefontaine.

Barcelona FC Barcelona Lamine Yamal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.318

Bagikan