Kurniawan Dwi Yulianto Ketum PSSI ?

sukmasukma - Jumat, 19 Agustus 2016
Kurniawan Dwi Yulianto Ketum PSSI ?
(sumber: Sidomi)

Kurniawan Dwi Yulianto Ketum PSSI ? - Wacana mengusung Kurniawan Dwi Yulianto maju dalam bursa calon ketua umum (Ketum) PSSI dinilai sesuatu yang positif. Saatnya sepakbola Indonesia diurus oleh mantan pemainnya.

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) mengusung Kurniawan DY sebagai calon Ketum PSSI. Dia diprediksi menjadi satu-satunya kandidat dari kalangan mantan pemain, kendati pendaftaran calon baru akan dibuka pada 22 Agustus mendatang.

Meski belum diumumkan siapa-siapa saja yang akan dicalonkan menjadi Ketum PSSI, sejumlah nama mulai diperbincangkan. Kandidat lainnya adalah Letjen Edy Rahmayadi, Erwin Aksa, Moeldoko dan Joko Driyono.

Majunya Kurniawan DY dinilai pengamat sepakbola, Akmal Marhali, menjadi angin segar bagi sepakbola Indonesia. Artinya, pemain/mantan pemain sudah jenuh melihat kondisi sepakbola saat ini dan menginginkan perubahan.

"Kurniawan sangat bagus. Saatnya pemain atau mantan pemain berani tampil jadi pemimpin PSSI," ujar Akmal.

Namun untuk bisa melenggang ke kursi nomor satu PSSI tersebut dipastikan tidak akan mudah. Sebab ada 107 voter yang bakal sulit ditaklukkan oleh eks stiker timnas Indonesia itu.

"Kalau yang memilih publik pasti Kurniawan bisa menang. Karena publik sudah jenuh dengan para aktor yang ada selama ini. Tapi, karena kekuatan ada di 107 voter, Kurniawan agak berat bisa menang karena tidak menguasai pemilik suara," lanjut Akmal.

"Tapi setidaknya, dengan beraninya Kurniawan mencalonkan diri jadi pertanda bahwa ada hasrat besar untuk perubahan sepakbola nasional," ucapnya lagi.

Kendati begitu, Akmal menilai peluang Kurniawan masuk dalam federasi masih tetap ada. Asalkan, pemain 40 tahun itu tidak hanya mendaftarkan diri sebagai Ketum PSSI tapi sekaligus anggota Komite Eksekutif PSSI.

"Masalahnya kan ada di voter dan cara pemilihan. Tapi buat Kurniawan jadi anggota Exco peluangnya terbuka. Jadi, Kurniawan mencalonkan diri tidak untuk Ketum saja, tapi juga untuk anggota Exco,"

Dengan demikian, jika Kurniawan tak berhasil menjadi Ketum PSSI, Akmal mengatakan Kurniawan masih bisa menjadi anggota Exco yang diperhitungkan karena dalam posisi netral.

"Dengan bendera APPI, Kurniawan jadi Exco akan sangat diperhitungkan. Kan nanti calon ketua umum yang kuat pasti akan melobi calon lain untuk masuk jajarannya di 14 anggota Exco tersisa. Karena Kurniawan berada di posiai netral, bisa diperhitungkan masuk paket salah satu calon kuat," kata Akmal.

(Sumber: Detik)
Ketum pssi Kurniawan dwi yulianto
Ditulis Oleh

sukma

#kitabisa&ada
Posts

487

Bagikan