KONI Jatim Berusaha Gelar TC di Luar Negeri

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 30 Januari 2021
KONI Jatim Berusaha Gelar TC di Luar Negeri
Ketua Harian KONI Jatim Muhammad Nabil. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur susun rencana pemusatan latihan (TC) di luar negeri. Induk olahraga provinsi paling timur Pulau Jawa ini ingin mengetahui perkembangan prestasi skuad program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim 100/IV.

Selama empat bulan terakhir, KONI Jatim menggelar latihan terpusat dengan skema Puslatda New Normal (PNN) yang disiapkan untuk PON XX/2021 Papua. Untuk meningkatkan dampak positif bagi skuad Puslatda, KONI Jatim berencana menggelar TC di luar negeri.

“Kami rencanakan saat ini adalah program untuk try out atau training camp keluar negeri. Tetapi, kami belum tahu apakah bisa keluar negeri. Apa diperbolehkan atau tidak?” ungkap Direktur Badan Pelaksana (Bapel) Puslatda KONI Jatim, Muhammad Nabil menjawab pertanyaan BolaSkor.com.

Baca Juga:

Atlet PON Papua Masuk Prioritas Vaksin Virus Corona

Keseriusan Jawa Timur demi Target Tinggi di PON Papua

“Saat program TFH, terlihat dari hasil tes kesehatan dan tes fisik yang dilakukan, terjadi peningkatan berat badan dan penurunan kondisi fisik. Sementara ketika PNN, intensitas latihannya lebih baik karena terkontrol,” sambung pria yang juga Ketua Harian KONI Jatim ini.

KONI Jatim berharap bisa menggelar TC keluar negeri. Selain untuk mengukur perkembangan atlet, juga dapat menghindarkan atlet dari kejenuhan. Maklum, skuad Puslatda Jatim 100/IV juga belum melakoni uji coba sekali pun.

“Refreshing para atlet sebetulnya bukan rekreasi. Tetapi bertanding. Dan itu bisa melalui TC luar negeri untuk mengukur sejauh mana prestasi para atlet selama latihan PNN. Terutama untuk cabang olahraga perlombaan, permainan. Kalau yang terukur seperti angkat besi, angkat berat dan lainnya sudah tahu,” pungkas Nabil. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Koni jatim PON
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan