Kongres Pemilihan Dimajukan, Ini Hasil Lengkap KLB PSSI

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 27 Juli 2019
Kongres Pemilihan Dimajukan, Ini Hasil Lengkap KLB PSSI
Para anggota Komite Eksekutif PSSI dalam KLB. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - PSSI berhasil menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Mercure, Ancol, Sabtu (27/7) malam. Lewat kongres ini, PSSI berhasil memutuskan Komite Pemilihan, Komita Banding Pemilihan, dan revisi statuta PSSI yang baru.

Komite Pemilihan (KP) periode 2019-2023 diisi Syarif Bastaman sebagai Ketua, Harbiansyah Hanafian sebagai Wakil Ketua. Sedangkan Irawadi D. Hanafie, Budiman Dalimunthe, Maurice Tuguis, Soedarmaji dan Rocky Babena sebagai anggota.

Sementara Komite Banding Pemilihan (KBP) dikepalai Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing dengan wakil Djoko Tetuko. Tiga anggota KBP yakni Ponaryo Astaman, M. Nigara dan Alfis Primatra.

Sementara untuk revisi statuta PSSI ada tiga poin yang mereka lakukan perbaikan. Salah satunya ialah mengenai sepak bola wanita yang lebih diperhatikan lagi. Selain itu kini PSSI membentuk Komite Independen.

"Untuk hal-hal pennting mengenai revisi statuta PSSI perlu diketahui terlbih dulu bahwa latar belakangnya itu adalah arahan dari FIFA untuk pembaruan statuta kita sesuai dengan regulasi yang ter-update, serta untuk penyempurnaan statuta kita sebagai payung regulasi PSSI seluruhnya," kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

"Ada beberapa poin-poin penting yang PSSI terapkan, yang pertama adalah komitmen kepada sepakbola putri dipasal 4 tujuan PSSI saat ini kami cantumkan bahwa untuk memajukan perkembangan sepakbola wanita, kemudian adanya penambahan area komite independen bahwa saat ini ada yang namanya komite independen yang terdiri dari komite audit dan kepatuhan serta komite pemilihan dan komite banding pemilihan. Statuta yang lalu tidak ada menyebutkan komite pemilihan dan banding pemilihan."

"Ada juga area mengenai independensi, di mana komite independen harus tidak memiliki hubungan fungsi eksekutif dengan PSSI (salah satu anggota PSSI) liga atau klub, kemudian untuk good goverment practice di saat ini bahwa adanya pembataan masa jabatan komite eksekutif tidak lebih dari tiga kali masa jabatan baik berturut-turut maupun tidak, kemudian hal-hal lain adalah pengabungan pasal-pasal terkait pemilihan, ketua umum berhalanangan, dan adanya prosedur untuk melakukan integrity check bagi seluruh kandidiat seluruh eksekutif dengan desprektif dari FIFA dan AFC," ujar Tisha

Lebih lanjut, Kongres PSSI yang tadinya berlansung pada Januari 2020 akhirnya pada KLB tadi dipercepat. Kongres PSSI dimajukan menjadi tanggal 2 November 2019, oleh karena itu PSSI langsung menggelar emergency meeting untuk membuat surat ke FIFA.

"Dalam rangkaian kongres hari ini, Komite Eksekutif memutuskan untuk mempercepat kongres pemilihan (Ketua Umum dan anggota Komite Eksekutif), namun demikian karena kami punya induk organisasi, kami masih harus menyampaikan perubahan tersebut dalam bentuk surat."

"Malam ini Komite Eksekutif akan menggelar emergency meeting, terkait hal-hal percepatan tersebut karena jika pada bulan Januari, tahapan-tahapannya mulai dai pengusulan, verifikasi dan seterusnya itu dimulai bulan November, maka kalau kita percepat bulan November kami akan merumuskan bersama Komite Eksekutif untuk tahapan-tahapann, dan kami masihakan bersurat ke FIFA," kata Pelaksana Tugas PSSI, Iwan Budianto.

KLB PSSI Pssi Breaking News
Posts

4.871

Bagikan