Kondisi Terbaru Kiper Bhayangkara FC Awan Setho Usai Benturan Keras dengan Pemain FC Tokyo

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 28 Januari 2018
Kondisi Terbaru Kiper Bhayangkara FC Awan Setho Usai Benturan Keras dengan Pemain FC Tokyo
Kiper Bhayangkara FC, Awan Setho bersama tim di Liga 1 2017 lalu. (PT LIB)

BolaSkor.com - Kiper Bhayangkara FC, Awan Setho Rahadjo, harus dilarikan ke Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Mintohardjo, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1), setelah mendapat cedera serius di laga J-League Challange Asia 2018 menghadapi FC Tokyo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Awan Setho sempat terkapar dan harus dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulance, usai berbenturan dengan legiun asing FC Tokyo, Diego Oliveira pada babak kedua. Awan langsung mendapatkan perawatan intensif dari dokter spesialis bedah saraf kepala dan leher serta radiologi.

Dokter tim Bhayangkara FC, dr. Alfan, memberikan penjelasan terkait kondisi kiper Timnas Indonesia U-23 tersebut. Ia mengatakan, Awan Setho sempat mendapat pendarahan di mulut. Akan tetapi, kondisinya saat ini sudah membaik dan Awan Setho dapat berkomunikasi dengan baik.

"Pada pemeriksaan awal di lapangan, Awan mengeluhkan sesak napas dan kesemutan pada bagian wajah dan kedua tangannya. Awan juga mendapatkan pendarahan di area mulut. Dilakukan tindakan life saving dengan dugaan head and neck injury. Juga ada kecurigaan trauma cervical (saraf belakang leher). Saat di ambulance, Awan tetap dalam kondisi sadar dan tanda vital masih bagus. Sesampai di UGD, Awan pun mengeluhkan kesemutan pada ke-2 kaki," ujar dr. Alfan.

"Setelah itu dilakukan koordinasi dengan tim medis Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Mintohardjo. Awan langsung ditangani dokter UGD, spesialis bedah saraf, dan radiologi. Dan, pada pukul 23.00 WIB, hasil pemeriksaan dan koordinasi dengan dokter bedah saraf dan radiologi, kami menyampaikan bahwa kondisi Awan secara keseluruhan aman. Tidak ada permasalahan pada tulang kepala, leher, dan dada, saraf, otot, paru-paru, serta jantung Awan dalam kondisi yang baik. Pendarahan pada area mulut pun sudah teratasi. Rasa kesemutan pada beberapa bagian tubuh yang sebelumnya dirasakan pun sudah hilang. Saat ditinggal pukul 00.00 WIB, Awan hanya mengeluhkan nyeri pada wajahnya yang besar kemungkinan akibat dari sisa benturan pada wajahnya."

"Kondisinya kini sudah semakin baik. Kami mohon bantuan doa bagi Awan. Kamu kuat, Awan," tambah manajer Bhayangkara FC, AKBP Sumardji.

Dalam pertandingan tersebut, Bhayangkara FC kalah 2-4 dari FC Tokyo. Ini merupakan laga memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Cepat sembuh Awan Setho, kita tunggu aksimu di lapangan!

Bhayangkara FC Fc tokyo Awan setho Awan Setho Raharjo
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.095

Bagikan