ASBWI

Kolaborasi dengan Rumah Cemara, ASBWI Sukses Gelar Festival Sepak Bola Putri U-12

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 27 November 2023
Kolaborasi dengan Rumah Cemara, ASBWI Sukses Gelar Festival Sepak Bola Putri U-12
ASBWI sukses menggelar Festival Sepak Bola Putri U-12 di Tangerang. (ASBWI)

BolaSkor.com - Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) terus berperan aktif dalam melakukan pembinaan usia muda. Terbaru, ASBWI menggelar Festival Sepak Bola Putri U-12 di Stadion Tri Matra Kodiklat TNI Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (26/11).

Ajang tersebut dapat terselenggara berkat kerja sama ASBWI dengan Rumah Cemara yang didukung oleh PT Nirwana Lestari (Delfi). Festival Sepak Bola Putri U-12 kali ini diikuti oleh ratusan peserta.

Menariknya, di turnamen tersebut, ASBWI bersama Rumah Cemara dan ASBWI Banten kembali mengangkat tema "Indonesia Tanpa Stigma". Tema ini berkaitan dengan isu-isu sosial yang kerap diangkat oleh ASBWI, seperti kesetaraan gendera dan perundungan, termasuk dalam sepak bola.

Adapun Festival Sepak Bola Putri U-12 edisi kali ini diikuti oleh delapan tim yang berasal dari Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Subang. Kedelapan kesebelasan itu dibagi ke dalam dua grup.

Di Grup A berisikan Gelora Putri, Princess Wijaya Saputra B, Putri Tangsel, dan FFA. Sedangkan Grup B dihuni oleh Putri BMIFA, None Mude Tangsel, Putri JP Jakarta, dan Princess Wijaya Saputra A.

Turut hadir sederet tokoh sepak bola wanita di acara puncak, mulai dari Monica Desideria (Wakil Ketua Umum ASBWI), Souraiya Farina (Sekjen ASBWI), David Sulaksmana (Anggota Komisi Tetap ASBWI), Slamet Ardiansyah (Asprov Banten), serta Maulina Novryliani yang merupakan perwakilan dari Departemen Teknik di PSSI.

"Saya mewakili Ketua Umum ASBWI, bapak H Nadalsyah mengucapkan terima kasih untuk seluruh peserta yang telah hadir dan bersemangat serta membuktikan bahwa wanita juga ada di sepak bola. Terima kasih juga untuk ASBWI Banten, Asprov PSSI Banten, serta Rumah Cemara yang telah berkolaborasi dengan ASBWI," kata Sekjen ASBWI, Souraya Farina dalam rilis yang diterima BolaSkor.com.

Souraya menambahkan, target dari Festival Sepak Bola Putri U-12 ini bukan hanya soal sosialisasi sepak bola wanita. Namun, ada rencana besar yang ingin dicapai, salah satunya mencari bibit-bibit pemain putri untuk jadi andalan Timnas Putri Indonesia di masa depan.

"Tujuan kami, menjadi juara Piala Asia 2038. Tapi ini tidak akan berhenti di sini dan akan ada kompetisi lainnya. Tema yang kami angkat bersama Rumah Cemara dan FIFA Foundation mengangkat isu kesetaraan gender karena sepak bola ini bukan hanya untuk pria tapi juga wanita. Bagimana wanita berani untuk bersuara dan mewujudkan mimpi," ujarnya.

ASBWI juga menyatakan kesiapannya jika diberikan mandat oleh PSSI untuk menggullirkan Liga 1 Putri. Kompetisi itu terakhir kali digelar pada tahun 2019.

"Tapi, itu merupakan ranah dan kebijakan dari PSSI dan PSSI pasti tahu yang terbaik siapa yang akan diberikan mandatnya untuk menggelar Liga 1," ujarnya.

Sementara itu, Shilpi selaku perwakilan dari Rumah Cemara antusias dengan digulirkannya Festival Sepak Bola Putri U-12 yang berkolaborasi dengan ASBWI. Sebab, ada isu kesetaraan gender dan bullying di kalangan anak-anak yang diangkat dalam turnamen tersebut.

"Karena ASBWI ini kami lihat adalah sebuah wadah yang besar terutama untuk sepak bola wanita. Selama
ini yang kami lihat sepak bola masih didominasi pria. ASBWI memperjuangkan hak-hak dan memberikan
fasilitas untuk wanita bermain sepak bola. Tentunya acara ini seru dan antusias melihat pemain-pemain
sepak bola U-12 bermain sangat lepas dan menikmati permainan," tuturnya.

Adapun mulai tahun depan (2024), ASBWI akan menggelar Festival Sepak Bola Putri U-12 di beberapa daerah lainnya dengan melibatkan ASBWI Provinsi. ASBWI ingin konsisten dalam menyelenggarakan Festival U-12 sebagai agenda rutin karena merupakan rangkaian dari rencana strategis ASBWI menuju Timnas Wanita Juara Piala Asia 2038. Program tersebut tentunya telah disinkronisasikan dengan program pengembangan sepak bola wanita PSSI.

Berikut daftar peserta dan peraih gelar individu di Festival Sepak Bola Putri U-12 Banten 2023:

• Gelora Putri

• Princess Wijaya Saputra B

• Putri Tangsel

• FFA

• Putri BMIFA

• None Mude Tangsel

• Putri JP

• Princess Wijaya Saputra A

Peraih gelar Individu:

1. Elbian Defika (PUTRI BMIFA) - Best Goalkeeper

2. Faza Milan Azdra (FFA) - Best Player

3. Puan Andhiko (PUTRI JP) - Top Scorer (4 gol)

ASBWI Sepak bola wanita Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.376

Bagikan