Kisah Inter Membangun Tim dengan Pemain Gratisan

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 07 Februari 2024
Kisah Inter Membangun Tim dengan Pemain Gratisan
Inter Milan (Twitter Inter)

BolaSkor.com - Inter Milan tidak malu untuk mendatangkan pemain dengan status bebas transfer. Bagi Nerazzurri, satu hal yang paling penting adalah kegunaan dan andil pemain tersebut di dalam tim.

Serie A bukanlah liga yang dihuni tim-tim dengan kekuatan finansial yang besar, seperti Premier League. Bahkan, tidak jarang klub-klub Italia harus menjual pemain terlebih dahulu sebelum mendatangkan incaran. Hal itu diperlukan untuk membuat neraca keuangan tetap seimbang.

Tidak heran, klub-klub Serie A harus memutar otak untuk memperkuat tim, tetapi dengan tidak membuat pengeluaran membengkak. Satu di antara cara yang dilakukan Inter Milan adalah dengan memboyong pemain yang berstatus bebas transfer.

Baca juga:

Nostalgia: Ketika Antonio Conte dan Arturo Vidal Jadi Judas di Derby d'Italia

Hasil Pertandingan: Inter Milan Menjauh dari Juventus, Derby Madrid Berakhir Imbang

7 Pemain Termahal Serie A pada 2024

Strategi transfer tersebut semakin sering dilakukan Inter dalam beberapa musim terakhir. Menariknya, para pemain gratisan itu mengambil peran penting dalam gelar-gelar yang diraih.

Dalam starting XI yang diturunkan melawan Juventus, Inter memainkan tiga pemain gratisan. Ketiga pemain itu adalah Marcus Thuram, Hakan Calhanoglu, dan Henrikh Mkhitaryan.

Hakan Calhanoglu diboyong Inter pada musim panas 2021. Sebelumnya, gelandang asal Turki itu meninggalkan AC Milan.

Saat ini, Calhanoglu adalah bagian penting dari taktik yang dikembangkan Simone Inzaghi. Ia menjalani peran sebagai regista. Calhanoglu juga telah mengemas 11 gol pada musim ini.

Peran Henrikh Mkhitaryan di lini kedua tidak kalah penting. Bergabung pada musim panas 2022, eks Manchester United itu seolah terlahir kembali.

Meski sudah berusia 35 tahun, tetapi Henrikh Mkhitaryan memiliki kemampuan untuk bermain stabil selama 90 menit. Bahkan, ia membuat gelandang tim nasional Italia, Davide Frattesi, berada di bangku cadangan.

Pemain berikutnya adalah pembelian tersukses Inter pada musim ini, Marcus Thuram. Nerazzurri memenangi persaingan dengan Milan yang juga ingin mendatangkan Thuram secara cuma-cuma.

Marcus Thuram tampil impresif pada musim perdananya di Serie A. Ia membuat suporter Inter melupakan Romelu Lukaku yang dikenal sebagai teman duet terbaik Lautaro Martinez. Saat ini, Thuram mengoleksi 10 gol dan 11 assist di berbagai ajang.

Selain pemain inti, Inter juga menggaet amunisi gratisan sebagai pelapis. Davy Klaassen, Alexis Sanchez, dan Juan Cuadrado adalah tiga pemain yang bergabung dengan Inter secara bebas transfer pada awal musim ini.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Stefan de Vrij juga menjadi pemain gratisan lainnya yang memperkuat Inter. Ia sudah menjadi bagian Nerazzurri setelah meninggalkan Lazio pada musim panas 2018. Ketika itu, harga pasaran bek asal Belanda tersebut mencapai 40 juta euro.

Nama Andre Onana juga menjadi bukti betapa jagonya Inter merekrut pemain gratisan. Onana yang hanya satu musim di Inter berhasil dijual pada angka 50 juta euro ke Manchester United. Padahal, Inter memboyong sang penjaga gawang tanpa mengucurkan dana transfer kepada Ajax Amsterdam.

Menariknya, Inter Milan tidak berhenti sampai di situ. Nerazzurri sudah punya dua pemain gratisan yang akan datang pada musim depan. Dua pemain itu adalah Mehdi Taremi dan Piotr Zielinski. Menurut Transfermarkt, harga gabungan kedua pemain itu adalah 42 juta euro.

Apa yang dicapai Inter tentu ada penyebabnya. Inter memiliki dua andalan dalam negosiasi pemain. Kedua sosok itu adalah Giuseppe Marotta dan Piero Ausilio.

Keduanya berhasil memenangi sengitnya persaingan dalam memburu pemain gratisan. Sebab, Inter kerap tidak sendiri dalam perlombaan mendapatkan pemain-pemain tersebut.

Ausilio dan Marotta perlu pintar dalam menyusun formula penawaran. Biasanya, durasi kontrak dan juga komisi agen bisa jadi kunci pemain bersedia pindah.

Jadi, tidak heran jika Inter seolah merajai bursa transfer pemain gratisan dalam beberapa waktu terakhir. Il Biscione membuktian jika membangun tim hebat tidak melulu soal banyaknya uang yang dikeluarkan.

Inter Milan Breaking News Serie a
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.458

Bagikan