Liga 1

Kisah Arkhan Kaka, dari Debutan Termuda di Liga 1 sampai Mentas di Piala Dunia U-17

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 19 Desember 2023
Kisah Arkhan Kaka, dari Debutan Termuda di Liga 1 sampai Mentas di Piala Dunia U-17
Aksi Arkhan Kaka saat menjebol gawang Ekuador di Stadion GBT, Jumat (10/11). (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Ajang Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia sudah berakhir pada 2 Desember lalu. Timnas Jerman U-17 keluar sebagai juara setelah mengalahkan Prancis U-17 lewat adu penalti pada partai final yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Dalam ajang itu, kiprah Timnas Indonesia U-17 selaku tuan rumah hanya sampai di babak penyisihan grup. Dari tiga laga Grup A, tim asuhan Bima Sakti meraih dua poin, hasil dari imbang 1-1 kontra Ekuador dan Panama, lalu kalah 1-3 dari Maroko.

Dari tiga gol yang ditorehkan Timnas Indonesia U-17, dua di antaranya disumbangkan oleh Arkhan Kaka. Sedangkan, satu lagi oleh Nabil Asyura.

Sebelum perhelatan Piala Dunia U-17 2023, nama Arkhan Kaka sudah mencuri perhatian karena menjadi debutan termuda di BRI Liga 1. Putra dari mantan penyerang Timnas Indonesia era 1990-an, Purwanto Suwondo, itu debut untuk klubnya, Persis Solo, musim lalu, tepatnya pada 1 April 2023 saat laga kontra Persib Bandung.

Baca Juga:

Bukan Indonesia, Chile Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025

Cedera, Rachmat Irianto Batal Ikut TC Timnas Indonesia di Turki

Ketika itu, Arkhan Kaka masih berusia 15 tahun, tujuh bulan, dan dua hari. Ia diturunkan pada menit ke-70 untuk menggantikan Irfan Bachdim.

"Terpenting adalah kita kerja keras lagi dan saya mengerjakan tugas saya sebagai pemain untuk tim," kata Arkhan Kaka, usai mencetak dua gol di Piala Dunia U-17 2023.

Aksi Arkhan Kaka di pertandingan Timnas Indonesia U-17 vs Panama U-17, Senin (13/11). (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

Kiprah Arkhan Kaka ini pun mendapat apresiasi dari Direktur Utama BRI, Sunarso. Sunarso mengatakan BRI Liga 1 akan selalu konsisten menjadi wadah bagi pembentukan generasi-generasi penerus yang bisa menjadi pilar Timnas Indonesia di masa yang akan datang.

"Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan penggemar sepak bola terbanyak di dunia. Oleh karena itu, BRI akan selalu mendukung kemajuan sepak bola Indonesia serta membantu mewujudkan cita-cita talenta muda sepak bola Indonesia untuk dapat berlaga dan mencatatkan prestasi di kancah global," tutur Sunarso.

#BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola

Timnas Indonesia U-17 Persis Solo Arkhan Kaka Liga 1 Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.456

Bagikan