Kilas Balik Perjalanan Jurgen Klopp di Liverpool

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 27 Januari 2024
Kilas Balik Perjalanan Jurgen Klopp di Liverpool
Jurgen Klopp (twitter/lfc)

BolaSkor.com - Jurgen Klopp mengumumkan bahwa waktunya telah berakhir bersama Liverpool. Dia akan pergi pada akhir musim ini. Kabar yang mengejutkan tentu saja.

Klopp disebut sebagai sosok yang merevolusi Liverpool, bahkan sepak bola secara umum. Menarik jika kita melihat ke belakang kiprah yang membuat The Normal One begitu dicintai oleh penggemar di seluruh dunia.

Bos Jerman ini telah menjadi bagian besar dari kesuksesan yang diraih Liverpool selama delapan tahun terakhir. Dia memimpin klub meraih banyak trofi.

Bergabung pada bulan Oktober 2015, Jurgen Klopp telah memimpin The Reds ke puncak sepak bola Inggris dan Eropa.

Baca Juga:

5 Calon Kuat Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

Kronologi hingga Alasan Jurgen Klopp Pergi dari Liverpool di Akhir Musim

Breaking News: Jurgen Klopp Tinggalkan Liverpool di Akhir Musim 2023-2024


2015-2016

Pada Oktober 2015, Jurgen Klopp menjadi bos Liverpool, mengambil alih Brendan Rogers pada saat The Reds belum memenangkan satu pun trofi selama tiga tahun.

Klopp gagal membuat dampak besar di Premier League pada musim pertamanya. Liverpool hanya finis di peringkat delapan.

Liverpool hampir menyentuh trofi pertamanya di bawah asuhan Klopp pada akhir Februari 2016. Saat itu mereka takluk 1-3 lewat adu penalti di tangan Manchester City di ajang di Piala Liga.

Gagal meraih kesuksesan di Piala FA, The Reds disingkirkan West Ham pada awal Februari tahun yang sama di babak keempat.

Liverpool mencapai final lainnya pada Mei 2016, Namun mereka dibekuk Sevilla 1-3 di final Liga Europa yang merupakan kekalahan pertama mereka di kompetisi Eropa.

Tidak ada perekrutan signifikan yang dilakukan pada jendela transfer pertama Klopp di Januari dan juga tidak ada pembelian besar yang dilakukan.

Daniel Sturridge mencetak 13 gol untuk The Reds di musim ini, menjadi pencetak gol terbanyak klub, dan James Milner menduduki puncak tabel assist dengan 14 assist.


2016-2017

Musim penuh pertama Jurgen Klopp sebagai pelatih memperlihatkan fokus pada dominasi mereka di sepak bola Inggris. Klopp membawa tim ke posisi keempat di Premier League, lolos ke Liga Champions di musim berikutnya, menyelesaikan dengan poin penting di atas Arsenal.

Liverpool mencapai semifinal Piala Liga, kalah agregat 2-0 dari Southampton dalam dua leg pada Januari 2017.

Kemudian pada Januari, Liverpool sekali lagi tersingkir dari Piala FA di babak keempat, kalah 1-2 dari Wolverhampton Wanderers.

Jurgen Klopp mulai aktif di bursa transfer tahun ini dengan merekrut pemain yang kemudian menjadi pilar, Sadio Mane, Joel Matip, dan Georginio Wijnaldum.

Di musim ini, Phillipe Coutinho mencetak gol terbanyak dengan 14 gol, dengan pemain baru Wijnaldum mendapatkan assist terbanyak dengan 11 gol di semua kompetisi.


2017-2018

Sekali lagi, Klopp memimpin timnya ke posisi Liga Champions di Premier League, menyelesaikan musim di tempat keempat dengan 75 poin.

Liverpool gagal meraih kesuksesan di Piala Liga, kalah dalam pertemuan pertama kompetisi tersebut di babak ketiga melawan Leicester City.

Di babak keempat Piala FA, Liverpool kalah 2-3 dari West Bromwich Albion, membuat mereka tersingkir pada Januari 2018.

The Reds mencapai final Liga Champions pada Mei 2018, namun tidak berkutik saat menghadapi Real Madrid yang menang 3-1. Liverpool takluk 1-3.

Jurgen Klopp akhirnya bisa mendatangkan pemain yang sudah menjadia incarannya, Virgil Van Dijk. Di musim ini Klopp juga mendapatkan Mohamed Salah dan Andy Robertson.

Salah langsung memberikan pengaruh besar bagi Liverpool, mencetak 44 gol di semua kompetisi dan menjadi pencetak gol terbanyak. Roberto Firmino dengan assist terbanyak (16).

2018/2019

Musim ini mengesankan bagi Liverpool, mengakhiri puasa trofi selama tujuh tahun dan membuat mereka semakin dekat untuk mengangkat gelar Premier League.

Liverpool finis di posisi kedua dengan memecahkan rekor 97 poin, tertinggal satu poin dari Manchester City.

Gagal berkompetisi di kompetisi piala Inggris, mereka tersingkir di babak ketiga, kalah 1-2 dari Chelsea di Piala Liga dan 1-2 dari Wolves di Piala FA.

Klopp berhasil mengangkat trofi pertamanya untuk klub dengan memenangkan Liga Champions dengan laju mengesankan ke final, mengalahkan Bayern Munchen, Barcelona, dan hingga di final menekuk Tottenham dengan skor 2-0.

Pada musim ini, Klopp merekrut Naby Keita, Fabinho, dan Alisson masuk ke dalam skuad.

Mohamed Salah menduduki puncak penghitungan gol dalam musim berturut-turut dengan 27 gol.

Trent Alexander-Arnold memperoleh assist terbanyak dengan 16 assist selama berseragam Liverpool di semua kompetisi.

2019/2020

Liverpool memasuki musim ini sebagai Juara Eropa, lolos ke Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA, di mana mereka memenangkan keduanya.

Liverpool juga memenangkan gelar liga pertama mereka sejak 1990. Memenangkan Premier League dengan nyaman dalam lockdown dengan 99 poin, unggul 18 poin dari posisi kedua.

Di Piala Liga Liverpool berhasil mencapai perempat final namun secara brutal kalah 0-5 dari Aston Villa.

Liverpool mencapai babak kelima Piala FA sebelum kampanye mereka berakhir, kalah 0-2 dari Chelsea di Anfield.

Sang Juara Eropa lolos ke babak sistem gugur Liga Champions, tetapi tidak bisa mengalahkan Atletico Madrid dalam dua leg di babak 16 besar.

Klopp tidak mendatangkan pemain besar pada musim ini, namun musim 2019/2020 mengucapkan selamat tinggal kepada Daniel Sturridge dan Danny Ings.

Untuk tahun ketiga berturut-turut, Salah menduduki puncak daftar gol dengan 23 gol, bersama Alexander-Arnold sekali lagi yang mendapat 15 assist.

2020-2021

Di musim ini Liverpool finis ketiga di Premier League dengan 69 poin. Di Piala Liga, Liverpool kalah dari Arsenal melalui adu penalti di babak keempat.

The Reds juga tersingkir dari Piala FA di babak keempat dengan kekalahan 0-2 dari Crystal Palace di kandang sendiri.

Suporter Liverpool merasakan patah hati pada April 2021 saat kalah 1-3 dari Real Madrid dalam dua leg di perempat final Liga Champions.

Di bursa transfer, musim ini Klopp mendatangkan Thiago, Kostas Tsimikas, dan Diogo Jota.

Penyerang Mesir Mo Salah menduduki puncak daftar pencetak gol dengan 31 gol di semua kompetisi klub, dengan Alexander-Arnold dan Roberto Firmino mendapatkan assist terbanyak dengan 9 gol.


2021-2022

Pada musim ini Klopp memimpin tim meraih kemenangan di dua final.

Tertinggal satu poin dari juara Premier league Manchester City, Liverpool finis di peringkat kedua musim ini.

Liverpool mengalahkan Chelsea melalui adu penalti di final Piala Liga. Ini adalah yang pertama dari dua trofi tahun ini di Stadion Wembley.

The Reds kembali lagi menang atas Chelsea melalui adu penalti di final Piala FA, memenangkan kedua final piala Inggris.

Di Liga Champions, The Reds lolos ke final. Namun Liverpool menderita kekalahan 0-1 di tangan Real Madrid.

Salah kembali menjadi penyumbang gol terbanyak musim ini dengan 31 gol. Sedangkan Trent mendapatkan assist terbanyak dengan 18.


2022-2023

Liverpool memulai kiprah musim ini dengan kemenangan di Community Shield. Namun musim ini bukanlah yang sukses bagi Klopp. Dia gagal membawa Liverpool lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim pertamanya bertugas.

Tertinggal empat poin di belakang Newcastle United di Premier Leagye, The Reds finis di peringkat kelima dengan 67 poin.

Liverpool terjatuh di awal Piala Liga usai kalah 3-2 dari Manchester City di babak keempat. Mereka juga gagal di Piala FA, kalah di babak keempat dari Brighton & Hove Albion di Anfield.

Di Liga Champions, Klopp memimpin timnya ke babak 16 besar ketika mereka menghadapi Real Madrid, kalah 6-2 di dua leg.

Musim ini memang terdapat tiga pemain yang masuk, Fabio Carvalho dan Darwin Nunez. Keduanya masuk pada musim panas dan Cody Gakpo pada Januari 2023. Namun Liverpool kehilangan Sadio Mane, yang pergi ke Bayern.

Mohamed Salah menduduki puncak penghitungan gol dan assist dengan mencetak 30 gol dan membuat 16 assist di semua kompetisi.


2023-2024

Pada 26 Januari 2023, Klopp mengumumkan dirinya akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim. Liverpool tentu berharap Klopp akan berusaha mengakhiri musim dengan penuh gaya membawa tim meraih lebih banyak trofi.

The Reds saat ini duduk di puncak klasemen Premier League, lima poin di atas Man City yang memiliki satu pertandingan tersisa.

Liverpool akan menghadapi Norwich di putaran keempat Piala FA pada Minggu (28/1).

Smenetara Stadion Wembley akan menyambut Liverpool untuk final lainnya pada 25 Februari, melawan Chelsea di Piala Liga Inggris.

Musim ini, Liverpool bermain di Liga Europa untuk pertama kalinya sejak musim 2015-16, Klopp telah memenangkan empat dari enam pertandingan penyisihan grup mereka sejauh ini. Dan Liverpool tampak seperti tim yang mungkin akan memenangkan semuanya.

Pasukan Jurgen Klopp menghabiskan banyak uang pada musim panas 2023, Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai, Wataru Endo, dan Ryan Gravenberch datang sebagai bagian pembangunan kembali lini tengah The Reds.

Para pemain baru datang untuk menggantikan pilar-pilar yang pergi seperti James Milner, Keita, Firmino, Fabinho, dan kapten tim Jordan Henderson.

Mohamed Salah tetap menjadi pencetak gol terbanyak musim ini dengan 18 gol. Darwin Nunez memuncaki penghitungan assist dengan 10 di semua pertandingan mereka sejauh ini.

Jurgen Klopp telah menjadi bagian utama dari kesuksesan yang diraih Liverpool selama delapan musim terakhir dan akan selamanya dikenang atas karyanya yang brilian untuk klub.

Masa Liverpool di bawah asuhan Klopp telah mengalami peningkatan besar dibandingkan beberapa tahun sebelum ia mengambil alih.

Klopp di Liverpool

2x Pelatih Klub Terbaik Dunia
1x Liga Champions
1x Piala Dunia Antarklub
1x Premier League
1x Piala Super Eropa
1x Piala FA
1x Piala Liga
1x Community Shields

Liverpool Liverpool FC Jurgen Klopp Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan