Premier League

Kevin De Bruyne Kembali, Peluang Juara Manchester City Menguat

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 01 Februari 2024
Kevin De Bruyne Kembali, Peluang Juara Manchester City Menguat
Kevin De Bruyne (twitter/KevinDeBruyne)


BolaSkor.com - Kehadiran kembali Kevin De Bruyne menjanjikan persaingan menjadi juara Premier League musim ini kian panas. Manchester City akan terus memberikan tekanan kepada pemimpin klasemen sementara Liverpool.

De Bruyne memulai pertandingan pertamanya sejak awal musim saat City menang dengan nyaman atas Burnley. Kemenangan yang membuat City tetap tertinggal lima poin di belakang Liverpool dengan satu pertandingan tersisa.

Pada laga melawan Burnley, De Bruyne menjadi kreator gol kedua Julian Alvarez. City kembali memiliki arsitek serangan yang lama hilang.

Kini City kembali diperkuat senjata andalan untuk bisa bersaing di tangga juara. De Bruyne menyadari, kini City harus terus menginjak pedak gas dalam-dalam.

Baca Juga:

5 Calon Kuat Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

10 Pembelian Pemain Terbaik Liverpool Era Jurgen Klopp

Kalvin Phillips dan 5 Rekrutan Gagal Pep Guardiola

“Kami harus menang. Kami terus berusaha sekuat tenaga, mencoba untuk menang dan mudah-mudahan kami bisa lebih dekat dengan mereka (Liverpool) dan berjuang sampai akhir.”

Bos City Pep Guardiola memuji kontribusi De Bruyne setelah absen lama. "Sudah lama, lima bulan, dia tidak bermain. Dia kembali dengan energi. Dia bermain sangat, sangat baik. Dia dan Erling akan membantu kami musim ini."

Ini adalah gambaran betapa pentingnya individu. Di era sistem dan pelatih super, saat Pep Guardiola dan Jurgen Klopp mampu mempertahankan kesuksesan meski personelnya berganti, talenta spesial masih bisa membuat perbedaan.

Gaya permainan Guardiola memberikan platform di lapangan. Itulah alasan mengapa kita semua bisa yakin bahwa Manchester City akan bersaing menuju puncak klasemen. Perbedaan itu bisa terjadi hanya dengan satu kali tendangan De Bruyne.

Guardiola mengetahui hal ini sama seperti semua orang. Dia berbicara tentang bagaimana Erling Haaland dan De Bruyne tidak membantu timnya bermain bagus tetapi mereka membantu timnya untuk menang.

Hal itu terbukti di Newcastle. City tampil luar biasa dalam beberapa periode tetapi mereka masih membutuhkan bantuan ketika tertinggal satu gol dengan sisa waktu 25 menit.

De Bruyne mencetak gol penyama kedudukan setelah melakukan solo run dan assistnya yang luar biasa untuk Oscar Bobb memastikan hasil di masa tambahan waktu.

Itu adalah pengingat akan keunggulan De Bruyne. Tidak hanya teknis dan imajinasinya, tetapi juga kepribadiannya. De Bruyne mempunyai kemampuan untuk menjadi penentu dan dia mampu untuk mewujudkannya.

Pada penampilan singkat melawan Newcastle, dia memang acap terlihat salah melepaskan umpan. Salah satu penyebabnya adalah dia melakukan sembilan kali umpan silang, empat kali lebih banyak dibandingkan pemain lain sepanjang pertandingan. Dengan kata lain dia berani mengambil risiko dengan bola.

Ada banyak cara untuk menggambarkan betapa langkanya kualitas ini. Sejak melakukan debutnya bersama City pada 2015, De Bruyne telah melepaskan 192 umpan terobosan di Premier League. Satu-satunya pemain aktif lain yang mendekatinya adalah Christian Eriksen dengan 101.

Dalam periode itu, De Bruyne telah kehilangan penguasaan bola sebanyak 4.422 kali di Premier League. Namun semua itu terbayar dengan apa yang dia ciptakan. Dia mencoba umpan-umpan yang hanya bisa dilihat oleh sedikit orang dan hanya sedikit yang bisa dieksekusi.

Guardiola berusaha menambahkan hal berbeda ke dalam permainan timnya, memperkenalkan keterampilan dribbling Jeremy Doku serta mendatangkan lebih banyak dorongan dari lini tengah.

Statistik sejak awal musim lalu menunjukkan De Bruyne lebih sering kehilangan penguasaan bola dibandingkan pemain Manchester City lainnya. Mereka juga menunjukkan bahwa De Bruyne lebih sering menciptakan peluang bagi timnya dibandingkan rekan satu timnya.

Absen yang lamanya De Bruyne membuka pintu bagi rival City. Kembalinya Kevin De Bruyne kini mengancam akan menutupnya kembali.

Kevin de Bruyne Manchester City Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.118

Bagikan