Ketua NOC Ungkap Resep Sukses Indonesia di SEA Games 2023

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 18 Mei 2023
Ketua NOC Ungkap Resep Sukses Indonesia di SEA Games 2023
Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari (BolaSkor/Johan Kristiandi)

BolaSkor.com - Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengungkapkan resep di balik kesuksesan pada SEA Games 2023 Kamboja. Ia berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat.

Tim Indonesia tampil dengan apik pada SEA Games 2023 Kamboja. Sempat tercecer pada posisi keempat, Indonesia merangsek masuk ke tiga besar jelang garis finis.

Indonesia pun menduduki posisi ketiga klasemen akhir dengan perolehan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Jumlah tersebut melampaui target Presiden Joko Widodo yang berharap Indonesia setidaknya membawa pulang 69 emas.

Kini, para pahlawan bangsa itu pun mulai kembali ke tanah air. Pada malam ini, Selasa (17/5), tim nasional kriket putri, jet ski, kick boxing, dan bulu tangkis tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Baca Juga:

Medali Emas SEA Games 2023 Diharapkan Jadi Pelipur Lara Kegagalan Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kericuhan di Final Kontra Timnas Indonesia U-22, Federasi Thailand Menyesal dan Akan Jatuhkan Hukuman

Cabor yang pulang pada malam ini pun terbilang berprestasi. Contohnya, kick boxing membawa pulang 3 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Sementara itu, bulu tangkis menjadi juara umum. Christian Adinata dan kawan-kawan membawa pulang 5 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Jet ski dan kriket putri juga tampil gemilang. Jika jet ski meraih 1 emas dan 3 perunggu, tim kriket putri merengkuh 1 emas dan 2 perak.

Ikut dalam rombongan para atlet, Raja Sapta Oktohari mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Okto bersyukur Indonesia mampu melebihi target yang dicanangkan.

"Berkat doa dan dukungan dari Bapak Olahraga Indonesia, Presiden Joko Widodo, apa yang kami targetkan jauh dari yang direncanakan. Melesat ke atas," ungkap Okto.

"Jika targetnya dari NOC itu 60 emas, dan dari Presiden Jokowi meminta melebihi Vietnam, yakni 69 emas, kami mendapatkan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Menepatkan Indonesia di peringkat ketiga."

Okto kian semringah karena akhirnya Timnas Sepak Bola Indonesia mendapatkan medali emas. Baginya, prestasi itu adalah penutup yang luar biasa untuk SEA Games kali ini.

"Paling menggembirakan setelah 32 tahun kita bisa menjemput kembali medali emas sepak bola ke Indonesia," ungkap Okto.

Okto merasa, sejak awal langkah Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja sudah berat. Namun, dengan perjuangan semua pihak yang terlibat, Tim Indonesia melesat melebihi harapan.

"Indonesia dianggap tantangan luar biasa di Asia Tenggara. Segala macam cara dilakukan agar negara lain bisa bersaing."

"Dengan dihilangkannya berbagai macam cabor, seperti menembak, panahan, dan rowing, itu menghilangkan 39 potensi emas. Tetapi pembinaan prestasi olahraga yang berangkat bisa terukur."

Pada edisi kali ini, Indonesia banyak mendapatkan medali dari cabor beregu. Padahal, biasanya Indonesia unggul pada olahraga individu.

"Dari 31 cabor yang kita ikuti, itu banyak yang menjadi juara umum. Selain itu ada banyak fenomena beregu, seperti hockey, kriket, voli, dan bola basket purti yang menandakan Indonesia tidak lagi fokus pada olahraga perorangan, tetapi juga kelompok."

Dalam beberapa hari mendatang rombongan atlet Indonesia yang berlaga di SEA Games akan terus berdatangan, termasuk Timnas Sepak Bola yang akan tiba pada Kamis (18/5).

Breaking News SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.729

Bagikan