Liga 1

Kerugian Persis dan Bali United Usai Liga 1 Ditunda, Ganti Uang Tiket Pesawat hingga Program

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 01 April 2024
Kerugian Persis dan Bali United Usai Liga 1 Ditunda, Ganti Uang Tiket Pesawat hingga Program
Selebrasi gol Bali United ke gawang Stallion Laguna. (Media Bali United)

BolaSkor.com - Persis Solo harus menanggung kerugian akibat ditundanya pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Laskar Sambernyawa terlanjur keluar duit untuk beli tiket dan booking hotel di Jakarta.

PSSI bersurat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) tentang penundaan pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Penundaan ini diumumkan kepada publik pada Sabtu (30/3) malam, setelah pekan ke-30 rampung.

PSSI membuat keputusan melalui rapat komite eksekutif. Liga 1 harus ditunda agar klub rela melepas pemain ke Timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.

Hanya saja, penundaan mendadak ini membuat beberapa klub mengalami kerugian tak sedikit. Klub-klub sudah terlanjur mengeluarkan budget untuk melakoni laga pekan ke-31.

Persis Solo menjadi salah satu tim yang menelan kerugian. Berdasarkan jadwal semula, Persis Solo akan bertandang ke Jakarta untuk menghadapi Persija pada Kamis (4/4) malam.

Baca Juga:

PT LIB Setuju Liga 1 2023/2024 Ditunda Selama Piala Asia U-23 2024

Demi Timnas Indonesia U-23, PSSI Benarkan Liga 1 Ditunda Mulai 1 April

Hasil Liga 1: Persis Menang di Manahan, Bali United Tekuk Persija Jakarta

"Kami sudah terlanjur beli tiket pesawat untuk pulang-pergi, booking hotel untuk tim, makan, akomodasi. Sebagainya sudah disiapkan. Lalu ini nasibnya bagaimana, Kita sudah bayar-bayar semua," ujar Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, usai laga melawan RANS Nusantara FC.

Chairul memastikan manajemen tim akan menggelar pertemuan dengan petinggi klub. Salah satu hal penting yang akan masuk pembahasan adalah kontrak beberapa awak tim yang habis akhir April.

"Banyak pemain dan pelatih yang kontraknya habis di April, otomatis biaya klub akan membengkak (jika liga ditunda). Siapa yang menanggung, karena klub punya planning, seperti kami yang memaksimalkan anggaran sponsor, merchandise hingga tiket yang kita kelola untuk menghidupi klub," tutur Chairul.

Susun Program Lagi

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Kerugian klub tak sekadar materi. Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, dibuat pusing untuk menyusun ulang program yang sudah dibuatnya sejak jauh-jauh hari.

"Pasti fokus di kompetisi hilang. Tim pelatih harus kasih libur pemain lebih panjang padahal kompetisi belum selesai. Ada jeda waktu pertandingan yang cukup jauh ke pertandingan berikutnya," ungkap Stefano Cugurra.

Teco, sapaan akrabnya, menyebut kondisi tim sedang sangat bagus. Bali United sejatinya mendapat angin segar setelah menang dramatis atas Persija Jakarta 1-0, Sabtu (30/3) malam.

"Tim baru menang kemarin di menit terakhir. Tim saat ini punya momentum bagus. Buat kita tentu lebih baik main tanggal 4 April lawan Persikabo, pasti situasi akan lebih bagus dibandingkan harus ditunda cukup lama," papar Teco.

Teco segera mengumumkan program baru untuk timnya. Ada kemungkinan tim-tim Liga 1 akan memberi libur panjang atau melakukan uji coba dengan tim-tim Liga 3 yang masih aktif.

"Kita harus punya rencana baru agar pemain tetap semangat di latihan," ucap Teco. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Liga 1 Persis Solo Timnas indonesia u-23 Bali United Breaking News Piala Asia U-23 2024
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.173

Bagikan