Kerja Keras dan Momen Emosional Ketum Cricket di Balik Prestasi Luar Biasa SEA Games 2023

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 19 Mei 2023
Kerja Keras dan Momen Emosional Ketum Cricket di Balik Prestasi Luar Biasa SEA Games 2023
Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia PP PCI, Abhiram Singh Yadav. saat pengalungan medali emas. (Istimewa)

BolaSkor.com - Momen upacara pengalungan medali emas timnas cricket putri format Super Sixes di SEA Games Kamboja 2023, Kamis (11/5) tak akan dilupakan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia PP PCI, Abhiram Singh Yadav. Dia bahkan tak kuasa membendung air matanya ketika mengalungkan emas ke para atletnya.

Ya, prestasi tim criket ini bisa dikatakan berkat kerja keras dan tangan dingin Abhiram yang dibantu para pengurus dan jajaran pelatih.

Usia cricket Indonesia boleh saja muda yakni baru berusia 12 tahun. Tetapi, PP PCI yang resmi dibentuk 12 Februari 2011 telah mampu membentuk Timnas Cricket yang tangguh.

Setelah Timnas Cricket Putri U 19 sukses menembus World Cup 2023 Afrika Selatan, kini Timnas Cricket Putri Indonesia mengukir sejarah dengan merebut medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja.

Di final nomor Sixes ini, Andriani dan kawan-kawan tampil dominan saat mengalahkan Filipina dengan skor 78/1-25/5. Trio Batsman Indonesia yakni Maria Carazon Konkep Wombaki (31 run), Ni Putu Ayu Nanda Sakarini (21 run) dan Andriani (10 run) yang menjadi juru kemenangan.

Baca Juga:

Sukses SEA Games 2023 Sebuah Semangat Kebangkitan Nasional

Rahmat Erwin Abdullah Kejar Poin Olimpiade dan Berambisi Pecahkan Rekor Dunia

"Kami bangga dengan prestasi yang dicapai Timnas Cricket Putri Indonesia dengan meraih medali emas pada penampilan kedua di ajang pesta olahraga negara Asia Tenggara sejak PP PCI berdiri. Pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Timnas Cricket Indonesia hanya mampu menyumbang medali perak bagi Kontingen Indonesia," kata Abhiram.

Cinta Abhiram terhadap tim cricket ini memang begitu terasa sejak lama. Apalagi selama gelaran SEA Games Kamboja. Hampir setiap timnya bertanding Abhiram selalu mendampingi. Dari pagi pukul 06.00 hingga menjelang gelap, dia selalu setia menemani dan memotivasi timnya di pinggir lapangan.

Panas terik di Kamboja yang mencapai 39 derajat tak menyurutnya semangatnya mendampingi para atlet.

Apa yang sudah dilakukan Abhiram itu pun membuahkan hasil. Selain emas, di format 50 overs dan T20 Putri Indonesia yang menduduki peringkat 20 dunia itu meraih medali Perak setelah melalui pertarungan keras dengan Thailand yang merupakan peringkat 8 dunia.

Sementara, perjuangan keras Timnas Putra Indonesia berhasil mengamankan medali perunggu pada format Round Robin setelah bertarung dengan Kamboja, Singapura dan Filipina. Hasilnya selama di Kamboja Cricket meraih 1 emas, 2 perak, 1 perunggu.

Lebih jauh Abhiram mengungkapkan, kesuksesan Timnas Criket Putri Indonesia mengukir sejarah dengan meraih medali emas ini merupakan buah dari komitmen dalam PP PCI dalam membangun prestasi cricket di Indonesia dengan menggelar event nasional, internasional dan uji coba ke luar negeri serta merekrut pelatih asing berkualitas.

"Olahraga cricket Indonesia itu punya potensi untuk dikembangkan prestasinya ke ajang internasional. Apalagi, cabang olahraga cricket sudah resmi masuk dalam pertandingan eskbisi pada Olimpiade 2024 Paris dan akan resmi dipertandingkan pada Olimpiade 2028 Los Angeles. Kita akan berusaha untuk bisa lolos ke Los Angeles," katanya.

Momen emosional itu akhirnya terjadi. Ketika upacara pengalungan medali emas untuk cricket putri format Super Sixes dilangsungkan.

Wakil Bendahara Umum NOC Indonesia Aang Sunadji yang berada di lokasi untuk bertugas mengalungkan medali, secara khusus memberikan kesempatan itu kepada Abhiram.

"Saya sengaja memberikan momen ini berharga (mengalungkan medali emas untuk atlet) untuk pak Abhiram. Karena dialah pahlawan cricket Indonesia. Yang sudah menjadikan tim ini begitu luar biasa hingga akhirnya menunjukkan prestasi yang membanggakan," kata Aang.

Air mata bahagia Abhiram mengalir, tak terbendung. Para atlet juga begitu emosial mendapat medali langsung dari ketua umumnya.

"Ini adalah kebahagiaan tersendiri bagi bangsa dan negara. (Air mata ini) susah dibendung. Akhirnya pecah (menangis). Saya sudah berusaha menahan, tapi tidak bisa," kata Abhiram lantas tersenyum.

SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.197

Bagikan