Kepung Wasit, Manchester City Didakwa FA

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 05 Desember 2023
Kepung Wasit, Manchester City Didakwa FA
Protes pemain Manchester City kepada Simon Hooper (Twitter)

BolaSkor.com - Juara bertahan Premier League, Manchester City, melalui fase yang 'jarang' mereka hadapi yakni melalui tiga laga beruntun di liga tanpa kemenangan (imbang). The Citizens imbang saat melawan Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspur.

Total, Man City mencetak delapan gol di tiga pertandingan tersebut namun urung meninggalkan stadion sebagai pemenang. Teranyar, tim arahan Pep Guardiola imbang 3-3 kontra Tottenham Hotspur di Etihad Stadium.

Dengan hasil tersebut, Man City kini ada di urutan tiga klasemen dengan 30 poin di bawah Arsenal (33 poin) dan Liverpool (31 poin). Pertandingan melawan Tottenham jadi sorotan, khususnya oleh Man City, karena kinerja wasit laga Simon Hooper.

Kala kedudukan sama kuat 3-3 Man City punya satu momen di penghujung laga dari serangan balik. Akan tapi Hooper mengubah keputusannya dari advantage (melanjutkan laga) menjadi tendangan bebas untuk Man City.

Baca Juga:

Trisula Lini Depan Terbaik Premier League Saat Ini

Hasil Pertandingan: Barcelona dan Inter Menang, Man City Ditahan Imbang Tottenham

Kemarahan Erling Haaland kepada Wasit Berlanjut ke Dunia Maya

Saat itu, Erling Haaland sempat terjatuh namun bola tetap dikuasai pemain Man City dan serangan balik berlanjut di kaki Jack Grealish. Kejadian itu membuat kesal Haaland yang terus melanjutkan kekesalan itu di media sosial.

Pep Guardiola tidak mengkritim tajam kinerja wasit karena tak ingin bernasib sama seperti Mikel Arteta, tetapi ia tetap tidak habis pikir dengan keputusan tersebut.

"Pertanyaan berikutnya. Saya tidak akan memberikan komentar (seperti) Mikel Arteta. Sulit ketika Anda meninjau gambar, wasit memutuskan untuk meniup peluit setelah dia mengatakan untuk melanjutkan permainan. Setelah umpan, peluit, jadi saya tidak mengerti aksi ini," tutur Guardiola.

"Kadang-kadang saya kehilangan akal mengenai wasit, tapi kali ini tidak. Orang selalu bisa melakukan kesalahan. Saya terkejut dengan fakta bahwa dia meniupkan peluit ketika Erling terjatuh, setelah dia berdiri kembali dan memberikan umpan sehingga wasit membuat isyarat untuk melanjutkan laga."

"Tapi kemudian ketika bola mengarah ke Jack, lalu peluit. Itu membuat Anda berpikir (terengah-engah dan berkata 'argh'). Jika di saat yang tepat ketika Erling terjatuh wasit meniupkan peluit maka Anda berkata, 'Oke', tapi ia melakukannya setelah mengatakan mainkan. Saya tidak tahu."

Selepas laga berakhir, para pemain Man City mengepung Hooper dan momen itu tidak lepas dari pengamatan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). FA pun mendakwa Man City.

"Manchester City didakwa melanggar aturan FA E20.1 setelah pemain mereka mengepung ofisial pertandingan selama pertandingan Premier League melawan Tottenham Hotspur pada Minggu 3 Desember 2023," demikian pernyataan dari FA.

"Diduga bahwa, pada menit ke-94 pertandingan, klub gagal memastikan para pemainnya tidak berperilaku tidak pantas. Manchester City memiliki waktu hingga Kamis 7 Desember 2023 untuk menanggapi tuduhan tersebut."

Manchester City Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.103

Bagikan