Kejuaraan Asia Panjat Tebing Berpeluang Digelar di Indonesia

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Selasa, 10 Maret 2020
Kejuaraan Asia Panjat Tebing Berpeluang Digelar di Indonesia
Yenny Wahid. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

BolaSkor.com - Ketua Umum Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (Ketum FTPI), Yenny Wahid, mengungkapkan Kejuaraan Asia berpeluang diselenggarakan di Indonesia. Hal itu membuka peluang Indonesia lolos ke Olimpiade 2020.

Panjat tebing nyaris gagal mengirimkan wakil untuk ke Olimpiade 2020 karena Kejuaraan Asia yang seharusnya di Jepang dibatalkan. China yang menjadi pengganti juga terpaksa membatalkan ajang itu karena virus corona.

Alhasil, FTPI mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Panjat Tebing. Menurut Yenny, dengan diadakannya kejuaraan tersebut di Indonesia, peluang mengirimkan wakil ke Indonesia meningkat menjadi 30 persen.

Baca Juga:

NOC Indonesia Sebut IOC Tetapkan Olimpiade 2020 Berjalan Tepat Waktu

NOC Indonesia Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona untuk Atlet Indonesia

“Tinggal persetujuan dari beberapa negara karena pemerintah kita melakukan travel ban dari beberapa negara, ini yang menjadi concern. Kalau mereka ingin Asia Championship terus berjalan,” tutur Yenny saat ditemui setelah penandatangan MoU di Gedung Kemenpora, Selasa (10/3).

“Saya sudah kirim surat resmi ke IFSC, saat ini sedang voting. Sepertinya sih menang, tetapi belum resmi. Detik-detik menentukan ini. Hari ini seharusnya ada keputusan apakah dijadwalkan di Jakarta atau batal.”

“Lokasinya di Cakung dan kalau jadi sekitar April. Itu kualifikasi terakhir sebelum Olimpiade. Menurut saya ini bukan karena Jakarta, tetapi karena satu-satunya kesempatan lolos ke Olimpiade,” Yenny menambahkan.

Sementara itu, Korea Selatan ingin ajang tersebut dibatalkan karena mereka akan lolos ke Olimpiade 2020 tanpa Kejuaraan Asia. Selain itu, andai diselenggarakan di Indonesia, tentunya tuan rumah akan diuntungkan dari segi psikologis.

Breaking News Panjat Tebing Olimpiade Olimpiade 2020
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan