Kebobolan dari Sepak Pojok, Jurgen Klopp Bela Alisson

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 08 November 2021
Kebobolan dari Sepak Pojok, Jurgen Klopp Bela Alisson
Performa Alisson jadi sorotan saat Liverpool takluk dari West Ham United. (Twitter)

BolaSkor.com - Performa Alisson Becker jadi sorotan saat Liverpool takluk di markas West Ham United. Namun kiper berkebangsaan Brasil itu masih dibela manajer The Reds, Jurgen Klopp.

Dalam laga yang berlangsung di London Stadium, Minggu (7/11), Liverpool takluk dengan skor 2-3. Dua dari tiga gol West Ham tercipta dari skema sepak pojok.

Yang pertama bahkan sudah tercipta saat laga baru berjalan empat menit. Alisson salah mengantisipasi sepak pojok Pablo Fornals dan justru berbuah gol bunuh diri.

Baca Juga:

Hasil Premier League: Arsenal Jaga Momentum, Liverpool Telan Kekalahan Perdana

Liverpool Keok, Jurgen Klopp: Saya Bukan Anak Anjing

Jurgen Klopp Akui Benci Harus Tarik Keluar Sadio Mane

Proses gol ketiga West Ham United ke gawang Liverpool

Sementara gol ketiga West Ham pada menit ke-74 juga tercipta dengan cara yang mirip. Namun kali ini Alisson membiarkan bola yang bergulir di atasnya sehingga bisa disundul dengan leluasa oleh Kurt Zouma.

Kemampuan Alisson dalam mengantisipasi situasi sepak pojok pun menjadi sorotan karena dua momen tersebut. West Ham seolah sudah tahu kelemahan itu dan memanfaatkannya dengan maksimal.

Namun Klopp tak sepakat jika Alisson disalahkan terkait dua gol West Ham dari sepak pojok. Ia menilai para pemain West Ham menghambat pergerakannya sebelum eksekusi dilakukan.

Klopp pun mempertanyakan peran wasit dan VAR dalam situasi ini. Kiper seperti tidak mendapat perlindungan di dalam wilayahnya sendiri.

"Ini semua tentang wasit yang selalu benar. Itu bukan man-marking, tapi mereka (pemain West Ham) menghalangi kiper," kata Klopp di situs resmi klub.

"Kiper tidak memiliki peluang nyata untuk mengatasi situasi itu karena jika dia mendorong pemain lawan menjauh untuk membuat ruang bagi dirinya sendiri maka itu adalah pelanggaran."

"Untuk kiper itu sangat sulit dan pasti akan lebih sering terjadi jika mereka (wasit) tidak melakukan intervensi. Bagi saya, itu jelas pelanggaran dan kiper adalah orang yang paling kesepian di lapangan saat ini karena tidak ada yang membantunya," tambahnya.

Taktik yang digunakan West Ham memang sangat mungkin ditiru oleh lawan-lawan Liverpool lainnya. Sementara kepercayaan diri Alisson bisa terganggu saat menghadapi situasi yang sama jika Klopp tak segera menemukan solusi dari masalah ini.

Alisson Becker Jurgen Klopp Liverpool Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan