Piala Asia 2023

Kartu Merah Aymen Hussein Sudah Tepat, AFC Berikan Penjelasan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 02 Februari 2024
Kartu Merah Aymen Hussein Sudah Tepat, AFC Berikan Penjelasan
Selebrasi Aymen Hussein usai bobol gawang Yordania. (AFC)

BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC, menegaskan kartu merah yang diterima pemain timnas Irak, Aymen Hussein pada laga babak 16 besar Piala Asia 2023, dinilai sudah tepat.

Sebelumnya, Aymen Hussein mendapat kartu kuning kedua setelah mencetak gol kedua Irak pada menit ke-76. Ia mendapat kartu kuning dari wasit Alireza Faghani setelah melakukan selebrasi makan.

Baca Juga:

Sempat Unfollow, Shin Tae-yong Kembali Follow Erick Thohir di Instagram

Daftar Tim ke Perempat Final Piala Asia 2023 dan Jadwal Pertandingannya: Australia Vs Korsel, Iran Lawan Jepang

Kartu merah ini menimbulkan banyak spekulasi kontroversi. Masalahnya, pemain Yordania Yazan Al-Naimat beserta rekan-rekannya melakukan selebrasi makan saat mencetak gol pertama. Para pemain Yordania tidak mendapat kartu.

Banyak spekulasi yang menyebut selebrasi Aymen Hussein menghina mansaf-eating. Mansaf adalah hidangan tradisional khas Yordania yang dibuat dari bahan baku utama domba, yang dimakan biasanya menggunakan tangan.

Ada juga spekulasi soal soal gestur penghinaan Aymen Hussein ke salah satu suporter. Namun, tidak diketahui secara spesifik suporter mana.

(Twitter Fakta Bola)

Namun, AFC akhirnya menjelaskan mengapa Aymen Hussein mendapat kartu kuning kedua. AFC menilai keputusan wasit Alireza Faghani sudah tepat.

"Sesuai dengan Law of the Game dari IFAB (The International Football Association Board), keputusan pemberian kartu kuning kedua kepada pemain Irak bernomor punggung 18 Aymen Hussein pada menit ke-77 didasarkan pada Hukum 12 (Pelanggaran dan Sikap Tak Patut - Tindakan Disiplin: Menunda dimulainya kembali pertandingan), di mana Wasit harus memperingatkan pemain yang terlalu menunda restart," tulis pernyataan AFC.

"Aymen Hussein terlalu menunda dimulainya kembali pertandingan setelah mencetak gol pada menit ke-75. Saat sang pemai selebrasi, wasit memberikan peringatan keras kepada Aymen Hussein sebanyak tiga kali sebelum akhirnya memberinya kartu kuning kedua."

"Dalam hal ini, peringatan kedua yang diberikan kepada Aymen Hussein adalah keputusan yang tepat dari Wasit, sesuai dengan Hukum Permainan. AFC sangat mendorong para penggemar, media, dan pemangku kepentingan untuk menghormati keputusan yang dibuat oleh ofisial pertandingan," tegas AFC.

Keluarnya Aymen Hussein, membuat Irak kena comeback dari Yordania. Irak yang unggul 2-1, harus kalah 2-3, dan tersingkir dari Piala Asia 2023.

Irak Timnas Irak Breaking News Piala Asia 2023
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.192

Bagikan