Piala Dunia U-17 2023

Kalahkan Prancis Lewat Adu Penalti, Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 02 Desember 2023
Kalahkan Prancis Lewat Adu Penalti, Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023
Jerman U-17 menghadapi Prancis U-17, pada laga final Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12) malam WIB. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Timnas Jerman U-17 berhasil menjadi juara Piala Dunia U-17 2023 setelah mengalahkan Prancis U-17 lewat adu penalti dengan skor 4-3 (2-2) di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12). Ini merupakan gelar pertama Der Panzer di Piala Dunia U-17.

Jerman U-17 langsung memberikan ancaman saat laga baru berlangsung dua menit lewat Fayssal Harchaoui. Namun, upayanya belum berbuah menjadi gol.

Jerman kembali mendapatkan peluang pada menit ke-15 saat Noah Darvich melepaskan bola yang mengarah ke gawang Prancis. Namun, skor belum berubah.

Memasuki menit ke-25, sebuah pelanggaran dilakukan oleh pemain Prancis terhadap Jerman di kotak penalti. Setelah dicek melalui VAR, wasit Espen Eskas memberikan tendangan 12 pas untuk Jerman.

Baca Juga:

Raih Peringkat Ketiga, Mali Ambil Banyak Pengalaman di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

Hasil Piala Dunia U-17 2023: Gilas Argentina 3-0, Mali Jadi Peringkat Ketiga

Kesempatan itu pun tidak disia-siakan oleh Jerman. Paris Brunner yang jadi eksekutor penalti berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Selepas gol itu, Prancis mulai meningkatkan tekanan ke kubu Jerman. Sedangkan, Jerman juga beberapa kali mendapatkan peluang, tetapi gagal menambah gol.

Di babak kedua, Jerman berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0. Gol dilesakkan oleh Noah Darvich pada menit ke-51.

Unggul dua gol, Jerman menjadi sedikit lengah. Saiman Bouabre mampu membobol gawang Jerman yang dikawal Konstantin Heide di menit 53.

Setelah memperkecil ketertinggalan, Prancis semakin percaya diri dan terus menekan Jerman. Memasuki menit 69, Jerman harus bermain dengan 10 orang setelah Winners Osawe mendapatkan kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain, Prancis semakin di atas angin. Bahkan, Les Blues menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat sontekan Mathis Amougou pada menit 85.

Momen setelah Mathis Amougou membobol gawang Jerman untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Amougou yang tak terkawal tinggal menceploskan bola yang dilepaskan Tidiam Gomis. Pemain SC Caen itu sebelumnya lepas dari kawalan pemain Jerman.

Namun, itu jadi gol terakhir yang tercipta di laga ini. Skor 2-2 tidak berubah dan laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak tos-tosan ini, Jerman terlihat lebih siap. Empat dari enam eksekutor mereka, yakni Robert Ramsak, Max Moerstedt, Faysal Harchaoui dan Almugera Kabar, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu, penalti Eric da Silva Moreira dan Paris Brunner ditepis oleh kiper Prancis U-17, Paul Argney.

Sementara itu, dari enam penendang penalti Prancis U-17, hanya tiga yang berhasil menceploskan bola ke gawang Konstantin Heide, di antaranya Kayi Sanda, Ismail Bouneb dan Joan Tincres. Sedangkan, bola sepakan Nhoa Sangui terkena tiang dan sepakan Bastien Meupiyou serta Tidiam Gomis ditepis oleh Heide.

Dengan hasil ini, Jerman U-17 berhasil mengawinkan gelar juara Piala Eropa U-17 dengan Piala Dunia U-17 pada tahun 2023. Menariknya, lawan yang dikalahkan sama, yakni Prancis.

Timnas Jerman Jerman Prancis Timnas Prancis Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.311

Bagikan