Kabar Gembira, UU SKN Buka Peluang Suporter Bisa Miliki Saham Klub Idolanya

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 09 Maret 2022
Kabar Gembira, UU SKN Buka Peluang Suporter Bisa Miliki Saham Klub Idolanya
Diskusi PSSI Pers. (PSSI Pers)

BolaSkor.com - Suporter sepak bola Indonesia kini patut gembira. Pasalnya, Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN) membuka peluang suporter bisa membeli saham klub kesayangannya.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, dalam diskusi yang digelar PSSI Pers di Jakarta, Selasa (8/3). Menurutnya, dalam UU SKN, diatur suporter harus mendapatkan prioritas untuk membeli saham klub kesayangannya, apabila memutuskan go public dengan melakukan Initial Public Offering (IPO).

Sebelumnya, DPR baru saja mengesahkan UU SKN pada 15 Februari 2022 kemarin. UU SKN ini mengatur banyak hal tentang keolahragaan Tanah Air, terutama soal industri olahraga hingga suporter.

Baca Juga:

Langkah PSSI jika Emil Audero dan Jordy Wehrmann Bersedia Perkuat Timnas Indonesia

Ketum PSSI Marah soal Insiden di Liga 3, Ancam Pakai Wasit Asing

"Apabila pihak klub ingin melakukan IPO, maka pihak wajib memberikan prioritas kepada pihak suporter. Dengan cara inisiatif bersama-sama, klub dan suporter bisa membangun komitmen pada konteks keterlibatan suporter di dalam klub," kata Syaiful Huda saat menjadi pembicara, dalam diskusi yang digelar PSSI Pers di Jakarta, Selasa (8/3).

"Bagi suporter yang sudah mapan secara organisasi, saya kira Undang-Undang yang baru ini menjadi penguatan. Sementara bagi suporter yang belum bisa diorganisir dengan baik, maka Undang-Undang ini menjadi upaya untuk membangun relasi dengan klub," tegasnya.

Saat ini, baru Bali United yang sudah IPO di bursa saham sejak Juli 2019 lalu dengan emiten berkode BOLA. Sementara itu, sudah ada beberapa kelompok suporter yang terbilang mapan dan punya struktur organisasi yang jelas, seperti The Jakmania (Persija Jakarta), Viking Persib Club (Persib Bandung), dan Pasoepati (Persis Solo).

Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.083

Bagikan