Juventus 0-3 Villarreal: Rencana Matang Unai Emery

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 17 Maret 2022
Juventus 0-3 Villarreal: Rencana Matang Unai Emery
Pelatih Villarreal, Unai Emery (Twitter)

BolaSkor.com - Kesuksesan Villarreal melaju ke perempat final Liga Champions 2021-2022 bukan keberuntungan semata. Ini tak lepas dari rencana matang sang pelatih, Unai Emery.

Villarreal lolos ke perempat final dengan menyingkirkan Juventus. The Yellow Submarine membungkam raksasa Italia itu dengan skor 3-0 pada leg kedua, Kamis (17/3) dini hari WIB.

Kemenangan itu menjadi sebuah kejutan karena terjadi di kandang Juventus, Allianz Stadium. Sementara pada pertemuan pertama di kandang Villarreal, laga berakhir imbang 1-1.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Chelsea Melenggang, Juventus Tersingkir, Liverpool Hentikan Tren Positif Arsenal

Chelsea Kembali Menang Kontra Lille, Thomas Tuchel Ukir Catatan Spesial

Juventus Dibantai Villarreal, Allegri Tetap Anggap Sudah Bermain Bagus

Tiga gol kemenangan Villarreal tercipta lewat penalti Gerard Moreno (78') dan Arnaut Danjuma (90+2'), dan sontekan Pau Torres (85'). Semuanya tercipta pada babak kedua.

Hal ini bukan kebetulan semata. Emery ternyata sudah menyiapkan rencana ini secara matang.

Rencana Emery bisa dilihat dari daftar starter yang diturunkan. Ia menyimpan Moreno di bangku cadangan sehingga bermain tanpa penyerang murni.

Emery ternyata ingin memperkuat pertahanannya lebih dulu. Ia sadar Juventus akan tampil agresif untuk mengincar gol cepat.

Keputusan Emery terbukti jitu. Juventus kesulitan membongkar pertahanan rapat Villarreal sepanjang babak pertama.

Emery baru memasukkan Moreno pada menit ke-74. Pada momen inilah Villarreal mengubah strategi dan bermain lebih menyerang.

"Kami memiliki rencana permainan, kami tahu akan ada saat-saat sulit. Kami menyimpan Gerard (Moreno) dan ingin dia masuk hanya ketika kami tahu itu benar," kata Emery usai laga.

"Hari ini dia menunjukkan bahwa dia benar-benar kembali."

Emery juga memberikan pujian kepada lini pertahanan Villarreal yang tampil solid. Para pemain Juventus dibuat frustrasi dan secara tak sadar mempengaruhi permainan mereka.

Kredit khusus juga diberikan Emery kepada kipernya, Geronimo Rulli. Pahlawan Villarreal di final Liga Europa musim lalu tersebut tampil heroik dengan melakukan sejumlah penyelamatan gemilang.

“Pertandingan berjalan ke arah yang berbeda dan kami tahu kami membutuhkan kiper kami untuk bermain dengan baik dan kemudian menunggu momen kami. Juventus terlihat lebih berbahaya di babak pertama dan kemudian menjadi lebih seimbang setelah turun minum," tambahnya.

Tampil di perempat final Liga Champions akan menjadi pengalaman pertama dalam karier kepelatihan Emery. Ia tak terlalu peduli terkait calon lawan Villarreal.

"Siapa pun lawan yang kami dapatkan dalam undian, mereka tetap akan menjadi unggulan. Itu sama seperti yang kami hadapi hari ini," tutupnya.

Villarreal Unai Emery Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan