Justin Hubner Tak Hadir Sidang RDP DPR RI, Jadi Dinaturalisasi?

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 20 Maret 2023
Justin Hubner Tak Hadir Sidang RDP DPR RI, Jadi Dinaturalisasi?
Aksi Justin Hubner lawan Prancis. (PSSI)

BolaSkor.com - Komisi X dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Plt Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Muhadjir Effendy, terkait proses naturalisasi tiga pemain keturunan Timnas Indonesia U-20, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (20/3).

Ketiga calon pemain naturalisasi yang dimaksud adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Hadir juga dalam RDP tersebut para jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Namun, dalam RDP tersebut, hanya Ivar Jenner dan Rafael Struick yang hadir secara virtual. Justin Hubner absen dalam RDP tersebut.

Hal ini menimbulkan tanda tanya mengenai keseriusan Justin Hubner membela Timnas Indonesia U-20. Apalagi, pemain Wolverhampton Wanderes U-21 itu dipanggil proyeksi timnas Belanda U-20 untuk beruji coba melawan Prancis U-20 pada 25 Maret mendatang.

Baca Juga:

Komisi III DPR Menyetujui Naturalisasi Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner

Keinginan Shin Tae-yong di Undian Piala Dunia U-20 2023

Komisi X DPR Menyetujui Naturalisasi Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner

Ditambah lagi, Justin Hubner pernah membela timnas Belanda U-19 di Kualifikasi Piala Eropa U-19 2022. Sudah 7 caps ditampil bersama The Oranje Muda. Ini berdasarkan Transfermarkt.

Namun, Justin Hubner juga dipanggil Timnas Indonesia U-20 dalam pemusatan latihan di Jakarta dan Korea Selatan. Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong memasukkan tiga calon pemain naturalisasi dalam 28 penggawa Skuat Garuda Muda untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Lalu bagaimana kelanjutan naturalisasi Justin Hubner yang tidak hadir dalam RDP Komisi X dan Komisi III DPR RI? Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Ratu Tisha Destria menjawab kekhawatiran tersebut.

"Secara consent legal dia sudah setuju (gabung Indonesia). Jadi pegangannya dokumen legal. Tidak apa-apa (ikut uji coba timnas Belanda U-20), bukan feeling kita ngomongnya. Jadi kami berbicara berdasarkan pasal. Berdasarkan peraturan FIFA Pasal 9 (Pasal 15 Setelah Amandemen Regulasi FIFA terbaru) bunyinya bahwa sebelum berusia 20 tahun itu tidak masalah (bisa pindah asosiasi dan kewarganegaraan)," ujar Ratu Tisha di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/3).

Di sisi lain, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, mengungkapkan alasan absennya Justin Hubner di RDP Komisi X dan Komisi III DPR RI.

"Ada di online, tadi dua yang hadir. Karena latihan itu (Justin Hubner tak hadir). Tapi sejauh ini masih bekomitmen (Justin Hubner membela Indonesia)," tambah Indra Sjafri.

"Terakhir dia masih menyatakan komitmen itu," lanjutnya.

Justin Hubner Pssi Timnas indonesia u-20 Piala dunia u-20 Breaking News Ratu Tisha Destria
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.142

Bagikan