Jurgen Klopp Baru Habiskan Rp7,1 Triliun Selama 9 Tahun di Liverpool

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 01 Februari 2024
Jurgen Klopp Baru Habiskan Rp7,1 Triliun Selama 9 Tahun di Liverpool
Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Kemampuan Jurgen Klopp dalam menukangi sebuah tim tidak perlu diragukan. Ia bukanlah pelatih yang sering menghabiskan dana besar untuk mendatangkan pemain incaran. Pengeluarkan Klopp selama sembilan tahun di Liverpool terbilang kecil dibanding apa yang diraih.

Jurgen Klopp membuat banyak pihak terkejut ketika mengumumkan kepergiannya dari Liverpool. Manajer asal Jerman itu akan angkat kaki dari Anfield pada akhir musim ini. Klopp mengaku lelah dan butuh rehat.

Baca Juga:

5 Calon Kuat Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

10 Pembelian Pemain Terbaik Liverpool Era Jurgen Klopp

Hasil Pertandingan: Liverpool Bantai Chelsea, Manchester City Pesta Gol, Barcelona Menang Tipis

Menukangi Liverpool sejak 2015, Klopp banyak menghadirkan prestasi. Ia adalah sosok yang membawa The Reds memenangi Premier League 2019-2020 dan Liga Champions 2018-2019. Klopp juga memimpin The Reds merengkuh tiga piala domestik.

Hebatnya, rentetan tinta emas itu diraih dengan dana transfer yang tidak besar. Transfermarkt mencatat, Klopp hanya menghabiskan 420 juta euro atau sekitar Rp7,1 triliun untuk membeli pemain baru. Data tersebut diambil pada 31 Januari 2024.

Dengan data tersebut, Liverpool berada di posisi kedelapan sebagai klub Inggris dengan pengeluaran terbanyak setelah Klopp bergabung. Peringkat pertama diduduki Manchester United yang menggelontorkan 1,1 miliar euro.

Chelsea yang menempati posisi kedua juga membukukan pengeluaran seabrek. The Blues menghabiskan 1,02 miliar euro untuk memboyong amunisi anyar. Sementara itu, Manchester City duduk di posisi ketiga dengan pengeluaran 952 juta euro.

Sejauh ini, pemain termahal Liverpool pada era Klopp adalah Darwin Nunez. Untuk mendapatkan Nunez dari Benfica, The Reds membutuhkan dana hingga 85 juta euro.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Sementara itu, peringkat kedua ditempati Virgil van Dijk (84,5 juta euro), disusul Dominik Szoboszlai (70 juta euro)pada tangga ketiga.

Dengan demikian, terlihat jika Jurgen Klopp sering kali tepat dalam membuat keputusan di bursa transfer. Ia tidak perlu pemain mahal untuk membawa Liverpool meraih prestasi.

Jurgen Klopp Breaking News Liverpool
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.660

Bagikan