Piala Asia 2023

Jordi Amat Bangga dan Terharu Timnas Indonesia Ciptakan Sejarah Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 26 Januari 2024
Jordi Amat Bangga dan Terharu Timnas Indonesia Ciptakan Sejarah Lolos 16 Besar Piala Asia 2023
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang di laga terakhir Grup D, Rabu (24/1). (PSSI)

BolaSkor.com - Wakil kapten Timnas Indonesia, Jordi Amat, bangga dan terharu dengan keberhasilan Tim Merah-Putih lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Indonesia lolos ke babak 16 besar sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik bersama Yordania (Grup E, 4 poin), Palestina (Grup C, 4) dan Suriah (Grup B, 4).

Timnas Indonesia menjadi tim terakhir yang mendapatkan tiket tersebut karena harus menunggu hasil pertandingan Oman kontra Kirgistan, Kamis (25/1).

Laga itu berakhir dengan skor 1-1, sehingga Oman sebagai tim peringkat tiga dari Grup F hanya mengoleksi dua poin. Sedangkan, Timnas Indonesia mengantongi tiga poin berkat kemenangan atas Vietnam di laga kedua Grup D.

Ini merupakan sejarah karena di empat edisi Piala Asia sebelumnya yang diikuti Indonesia (1996, 2000, 2004 dan 2007), Tim Merah-Putih selalu tersingkir di fase grup.

Baca Juga:

Komentar Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Menantang Australia di Babak 16 Besar

"Kita menciptakan sejarah, kawan. Ini 'gila'. Kami layak mendapatkan ini. Kami berada di grup yang sulit (bersama Jepang, Irak dan Vietnam-Red), tapi kami berhasil melakukannya," kata Jordi Amat.

"Kami saling mendukung, setiap orang saling memberikan dorongan satu sama lain, ini adalah keluarga besar, setiap orang memberikan segalanya untuk 'jersey' ini," ujar pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) itu menambahkan.

Jordi mengaku bangga dengan keberhasilan ini. Sebab, di babak penyisihan grup, Timnas Indonesia harus bertemu dua tim raksasa Asia, Irak dan Jepang. Dua laga itu sama-sama berakhir dengan kekalahan 1-3.

Ujian berikutnya pun menunggu Timnas Indonesia di babak 16 besar. Jordi Amat dkk. bakal bersua Australia di Stadion Jasim bin Hamad, Al-Rayyan, Minggu (28/1).

"Kami bangga dengan momen ini, saya akan terus berjuang. Untuk itu, kami akan memberikan segalanya supaya bisa ke babak berikutnya (perempat final). Saya percaya kami bisa menampilkan yang terbaik (melawan Australia)," tutur Jordi Amat.

Timnas Indonesia Jordi Amat Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.502

Bagikan