Joachim Low Kehabisan Kata-kata Lihat Jerman Dibantai Spanyol

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 18 November 2020
Joachim Low Kehabisan Kata-kata Lihat Jerman Dibantai Spanyol
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Jerman harus menelan pil pahit usai dibantai setengah lusin gol oleh Spanyol dalam lanjutan UEFA Nations League, Rabu (18/11) dini hari WIB. Sang pelatih, Joachim Low bahkan sampai kehabisan kata-kata untuk menjelaskan kekalahan memalukan ini.

Jerman sebenarnya hanya butuh hasil imbang dalam pertandingan ini untuk mengamankan tiket ke semifinal. Demi mewujudkan hal itu, Low menurunkan kekuatan terbaik sejak awal pertandingan.

Namun nama-nama seperti Ilkay Gundogan, Toni Kroos, Leroy Sane, hingga Timo Werner gagal tampil maksimal untuk membongkar pertahanan Spanyol. Hal itu diperparah dengan rapuhnya lini belakang kawalan Niklas Sule.

Kehadiran Manuel Neuer di bawah mistar juga tak banyak membantu. Kiper Bayern Munchen itu tak mampu melakukan penyelamatan-penyelamatan ajaib untuk menjaga keperawanan gawangnya.

Baca Juga:

Hasil Laga-laga UEFA Nations League: Spanyol Bantai Jerman 6-0

5 Fakta Menarik Kemenangan Spanyol atas Jerman: Rekor Ferran Torres dan Neuer

Alami Benturan Horor, Kasper Schmeichel Terancam Absen Kontra Liverpool

Spanyol vs Jerman

"Saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi pada tim. Kami hampir tidak memiliki peluang dan kami tidak memenangkan satu pun pertarungan individu di lapangan," kata Low usai pertandingan.

"Di babak kedua kami mencoba menekan mereka untuk mencetak gol dan kembali ke permainan, tetapi Spanyol bermain jauh lebih baik dari kami. Mereka jauh lebih cepat dan bermain dengan lebih presisi."

Penampilan Jerman kontra Spanyol memang tak menggambarkan reputasi mereka sebagai salah satu tim besar. Tim Panser praktis didikte nyaris sepanjang pertandingan.

Ini merupakan kekalahan terbesar Jerman pertama selama 89 tahun terakhir. Hasil minor ini membuat kelayakan Low untuk tetap duduk di kursi pelatih mulai dipertanyakan.

Meski mampu membawa Jerman juara Piala Dunia 2014, penampilan Jerman praktis menurun drastis setelah itu. Mereka bahkan langsung tersingkir di fase grup pada ajang yang sama empat tahun berselang.

"Saya memercayai para pemain dalam skuat ini sebelum pertandingan dan merasa berada di jalur yang benar. Namun hari ini saya melihat bahwa kami tidak berkembang sebaik yang kami pikirkan setelah beberapa pertandingan terakhir kami," pungkasnya.

Joachim Low Timnas Jerman Timnas Spanyol UEFA Nations League
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan