Jerman Era Julian Nagelsmann Telan Kekalahan Perdana

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 19 November 2023
Jerman Era Julian Nagelsmann Telan Kekalahan Perdana
Timnas Jerman kalah 2-3 lawan Turki (Twitter)

BolaSkor.com - Bulan madu timnas Jerman bersama Julian Nagelsmann telah berakhir. Pasca melalui dua laga tanpa kekalahan kontra Amerika Serikat (3-1) dan Meksiko (2-2) di laga uji coba, Jerman kembali 'menapaki tanah'.

Die Mannschaft - julukan Jerman - kalah di depan fans mereka di Olympiastadion Berlin, Minggu (19/11) dini hari WIB, saat menjamu Turki.

Jerman sempat unggul 2-1 dari gol Kai Havertz (5') dan Niclas Fullkrug (49') yang diperkecil gol Ferdi Kadioglu (38'), tetapi Turki bisa menyamakan kedudukan di paruh pertama dari gol Kenan Yildiz (45+2').

Di babak kedua, Turki melakukan comeback dengan gol yang dicetak Yusuf Sari (71' penalti). Jerman kalah 2-3 dan itu jadi yang perdana bagi Nagelsmann.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Spanyol dan Portugal Tak Terbendung

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Belanda Menang Tipis, Prancis Pesta Gol

Prancis Menang 14-0, Kylian Mbappe Hat-trick dan Capai 300 Gol

Jerman punya 55 persen penguasaan bola dengan catatan 11 tendangan (empat tepat sasaran), serta 45 persen penguasaan bola Turki dan melepaskan delapan tendangan (lima sepakan tepat sasaran).

Nagelsmann menekankan pentingnya stabilitas bermain selama pertandingan, juga menyoroti pertahanan timnya. Jerman, saat ini disorot performanya, terutamanya pada Piala Eropa 2024 mereka adalah tuan rumah.

"Kami ingin memiliki stabilitas yang baik. Menjelang Piala Eropa, penting untuk memiliki pertahanan yang baik. Kami ingin lebih dominan selama pertandingan untuk mengurangi waktu yang kami perlukan untuk bertahan," papar Nagelsmann dikutip dari DW.

Faktor lainnya yang juga dibicarakan adalah soal mentalitas, sebab di Olympiastadion fans Turki terlihat lebih vokal dan keras dalam mendukung timnya ketimbang tuan rumah.

"Tentu saja suasana seperti ini bisa berdampak pada Anda, tapi kami punya banyak pemain berpengalaman yang terbiasa memainkan permainan di panggung seperti ini," kata kiper Jerman, Kevin Trapp usai pertandingan.

"Kami mengawali pertandingan dengan baik namun penonton mendukung skuad Turki. Itu masih belum cukup menjadi alasan bagi kami untuk berhenti bermain seperti yang kami lakukan di awal."

Namun Julian Brandt, gelandang Jerman, menilai atmosfer di stadion tak berpengaruh dengan kekalahan Jerman. Justru menurutnya, Jerman harus lebih klinikal dalam mengamankan kemenangan.

"Jika kami mencetak dua gol, terutama di kandang, kami harus memenangkan pertandingan itu. Bahkan tanpa memperhitungkan penalti, kami terlalu memudahkan mereka," tambah Brandt.

"Itu (atmosfer stadion) tidak mempengaruhi saya secara pribadi. Saya telah bermain di banyak lapangan di mana Anda merasa seperti tim tandang, tetapi Anda harus terus melakukannya. Saya rasa itu bukan alasan mengapa kami kalah."

Timnas Jerman Piala Eropa 2024 Timnas turki
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.249

Bagikan