Jelang MotoGP 2023, Pol Espargaro Kencangkan Otot

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 17 Februari 2023
Jelang MotoGP 2023, Pol Espargaro Kencangkan Otot
Pol Espargaro (twitter/polespargaro)

BolaSkor.com – Pembalap GasGas Factory Racing, Pol Espargaro mengaku memiliki persiapan khusus demi menghadapi MotoGP 2023. Mantan pembalap Repsol Honda ini berencana menjalani program latihan peningkatan masa otot.

Espargaro beralasan, hal ini dilakukan akibat bertambahnya jumlah balapan karena kehadiran sprint race. Agar dapat tampil lebih kompetitif, dia ingin meningkatkan kebugaran fisiknya.

“Banyak perubahan terjadi, khususnya di musim yang sebentar lagi di mulai, dengan adanya dua balapan perminggu. Dalam kasus saya, penambahan sprint artinya saya harus mengubah program latihan,” kata Espargaro, dikutip dari speedweek.com.

Espargaro lantas menjelaskan seberapa penting baginya untuk meningkatkan masa otot demi menghadapi kondisi ini. Menurut saudara dari Aleix Espargaro ini, masa otot yang lebih besar dapat membantu mengeluarkan tenaga lebih banyak.

“Contohnya tahun lalu, di mana fast lap sangat penting. Namun sekarang kualifikasi dua kali lebih penting karena ini menentukan posisi Anda di grid pada akhir pekan. Perlu diingat juga, kualifikasi bersifat sprint, artinya Anda harus bisa melaju lebih cepat dalam jangka waktu sebentar,” tutur Espargaro.

“Jadi saya harus mengganti pola latihan dan mencoba menambah ekstra masa otot. Tujuannya agar bisa lebih cepat di lap tertentu dengan memacu motor mendekati batas sebisa mungkin. Tentu saja sangat baik untuk melatih ketahanan otot, karena dapat membantu selama 45 menit saat balapan. Namun kita tidak menjalani olahraga yang membutuhkan ketahanan dalam jangka waktu panjang,” sambungnya.

Espargaro menilai penambahan masa otot tidak hanya berguna dalam menghadapi sprint race saja. Masa otot yang lebih besar juga diyakini memberikan manfaat kepada para pembalap untuk mengendalikan motornya.

“Motor menjadi lebih menuntut secara fisik, terutama akhir-akhir ini dengan lebih banyak perangkat. Alhasil MotoGP semakin menuntut secara fisik,” tutup mantan rekan Marc Marquez ini.

Penulis: Bintang Rahmat

Pol Espargaro Motogp
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan