Jawa Barat Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Pertiwi Tingkat Nasional

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 18 Maret 2022
Jawa Barat Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Pertiwi Tingkat Nasional
Ilustrasi sepak bola wanita. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Jawa Barat terpilih sebagai tempat digelarnya Piala Pertiwi tingkat nasional. Penyelenggaraan akan digelar pada 18-28 Maret 2022.

Total tiga lapangan yang ditunjuk sebagai tempat bertanding untuk 18 tim peserta. Seperti halnya Lapangan Sabilulungan Kabupaten Bandung, Lapangan Progresif Kota Bandung dan Lapangan Sidolig Kota Bandung.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan turnamen ini tentunya akan menjadi momentum untuk membangkitkan kembali sepak bola wanita. Pasalnya, sudah hampir tiga tahun terhenti akibat pandemi.

"Dalam sambutan saya, besok akan dibuka Piala Pertiwi tingkat nasional 2021/2022 dari 18 provinsi, ada peningkatan delapan klub dari 2019, kita vakum 3 tahun karena pandemi COVID-19," katanya dalam sambutannya di Hotel Verona, Kota Bandung, Kamis (17/3).

Baca Juga:

Sudirman Minta Maaf ke Suporter, Tegaskan Pemain Harus Punya Gairah di Tiga Laga Sisa

Hasil Liga 1: Kalahkan Persija, Madura United Dipastikan Lolos Degradasi

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menjanjikan para pemain terbaik di Piala Pertiwi ini dipastikan akan membela tim nasional Indonesia.

"Atas prakarsa Ketua ASBWI, kerja sama dengan Nadalsyah, mudah-mudahan di sini kita bisa melihat pemain wanita yang baik dan bagus untuk kita bawa ke tim nasional," tegasnya.

Iwan Bule tak menampik saat ini sepak bola wanita Indonesia masih berada di rangking 84. Namun dia yakin, kualitasnya akan terus bertambah seiring banyaknya kejuaraan.

"Beda sama laki-laki yang terus bergulir. Saya minta semua klub yang ada di Liga 1 punya sepak bola wanita dan pak Sekjen minta untuk gelar Liga sepak bola wanita. Semoga tahun depan bergulir," harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI), Nadalsyah mengatakan Piala Pertiwi tingkat nasional ini tentunya program yang sudah disahkan PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia.

"Apaun yang dilakukan oleh ASBWI tentu minta persetujuan PSSI. Ke depan, akan menyelipkan turnamen-turnamen seperti arahan PSSI karena di sepak bola ini tidak ada yang instan, perlu persiapan matang seperti Piala Pertiwi ini," kata Nadalsyah.

Nadalsyah mengatakan saat ini ASBWI sudah merancang beberapa program untuk bisa dijalankan ke depan. Mulai dari Liga 1 hingga Liga 3.

"Tentunya ada U-10, U-15 dan U-18. 2023 pun sepak bola wanita ada piala AFF yang akan dilaksanakan, dimana Indonesia jadi tuan rumah dan itu U-18. Jadi kita mulai menggelar turnamen untuk U-16, jadi ini persiapan matang sesuai arahan Ketum PSSI," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Sepak bola wanita Piala Pertiwi Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan