Piala Asia U-23 2024

Jangan Sampai Lagu Lama Timnas Vs Klub Terjadi di Piala Asia U-23 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 06 Februari 2024
Jangan Sampai Lagu Lama Timnas Vs Klub Terjadi di Piala Asia U-23 2024
Selebrasi Rafael Struick usai bobol gawang Taiwan, pada laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9) malam WIB. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - PSSI sudah mulai berkomunikasi dengan klub-klub Liga 1 terkait kemungkinan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024. Komunikasi pun turut dibangun dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 akan tampil di Piala Asia U-23 2024 Qatar yang berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei mendatang. Sebelum itu, Skuad Garuda Muda juga rencananya bakal melakukan pemusatan latihan di Dubai (Uni Emirat Arab) mulai 31 Maret.

Jika melihat tanggal di atas, agenda Timnas Indonesia U-23 bentrok dengan pertandingan Liga 1 2023/2024. Saat TC dimulai pada 31 Maret, Liga 1 akan memulai pekan ke 31 keesokan harinya atau pada 1 April.

Kemudian, ketika Piala Asia U-23 2024 berlangsung, tengah digelar pekan 32 sampai satu hari sebelum laga semifinal pertama championship series pada 4 Mei. Lalu, jika berpatokan jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 di fase grup (15-21 April), maka para pemain akan absen paling tidak sampai pekan 33.

Terkait potensi klub-klub tidak mau melepas pemainnya, terutama bagi yang sedang berjuang masuk zona championship atau bersaing supaya tidak terdegradasi, maka PSSI menjalin komunikasi lebih awal.

Baca Juga:

Ernando Ari Cedera, Bisa Jadi Kerugian bagi Timnas Indonesia Senior dan U-23

Timnas Indonesia U-23 TC di Dubai Mulai 31 Maret, Agendakan Uji Coba Kontra China

"Yang jelas, mulai sejak dari (Piala Asia 2023) Qatar, kami sudah koordinasi, bukan dari sekarang aja. Sejak di Qatar, kami sudah koordinasi dengan Pak Ketua Umum juga, dengan Pak Wakil Ketua Umum juga, dengan Pak Ferry Paulus (Direktur Utama PT LIB), dan kita menyerahkan jadwal pertandingan kita pada saat (Piala Asia) U-23," kata manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan.

"STY (Shin Tae-yong) pun sudah membuat roadmap mengenai rencana untuk TC, rencana untuk pertandingan, dan itu kami serahkan ke PT Liga (LIB). Artinya, kami berharap lewat PT Liga bekerja sama (dengan klub) untuk memberikan (jumlah) minimal pemain U-23 yang berlaga di Liga 1 atau Liga 2 supaya dapat melepas pemainnya," ujar Endri menambahkan.

Endri memahami bahwa di tengah persiapan menuju Piala Asia U-23 dan ketika turnamen itu bergulir, klub juga membutuhkan tenaga para pemainnya. Karena itu, diperlukan poin-poin kesepakatan dengan klub supaya ditemukan jalang tengahnya.

"Memang pada saat itu memang situasi di Liga juga agak genting, dan kemungkinan (pemain) yang ikut ke Qatar (bersama Timnas U-23) tidak akan ikut bertanding sampai (seri) championship (dimulai)."

"Jadi pemain-pemain yang ikut ke Qatar, saya koordinasi dengan Pak Ferry Paulus itu tidak ikut penyisihan (sisa seri reguler, pekan 31 sampai 34) lagi, dan langsung (bermain) ke championship kalau klubnya lolos," ucap Endri.

Salah satu jalan tengah yang mungkin akan ditawarkan ke klub, kata Endri, adalah pembatasan pemanggilan pemain. Misalnya, di pemanggilan awal ada klub yang empat sampai lima pemainnya dipanggil, nanti bisa meminta dispensasi berupa pembatasan, seperti hanya melepas dua atau tiga pemain saja.

"Itu mungkin akan kami negosiasikan dengan PT Liga dan juga dengan pihak klub. Dan mungkin sejak awal akan kita bicarakan, kira-kira siapa (pemain) yang (bisa) dilepas, siapa yang enggak bisa dilepas. Itu akan kami negosiasi dan konsultasikan dengan PT Liga," jelas Endri.

Untuk pemain abroad, atau yang berkarier di luar negeri, komunikasi akan langsung dilakukan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Endri memahami kesulitan ini karena Piala Asia U-23 2024 tidak termasuk ke dalam kalender FIFA, sehingga klub tidak wajib untuk melepas pemainnya ke tim nasional.

"Nanti pak Ketum PSSI (Erick Thohir) yang akan berbicara dengan pemilik klub di sana," ujar salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama dengan tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania. PSSI menargetkan Garuda Muda lolos ke babak knock out (8 besar).

Timnas indonesia u-23 Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Liga 1 Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Tc timnas Endri Erawan Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan