Ivar Jenner dan Justin Hubner Terancam Gagal Perkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 28 Oktober 2022
Ivar Jenner dan Justin Hubner Terancam Gagal Perkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023
Ivar Jenner dan Justin Hubner ketika berkunjung ke kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta, Senin (24/10). (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-20 terancam turun tanpa dua pemain keturunan, yaitu Ivar Jenner dan Justin Hubner di Piala Asia U-20 2023. Sebab, PSSI memperkirakan proses naturalisasi mereka belum rampung ketika ajang yang dihelat di Uzbekistan itu bergulir pada 1-18 Maret 2023.

Meski demikian, Ivar dan Justin diharapkan tersedia untuk Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Oleh karena itu, PSSI akan mencoba meminta bantuan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham.

"Kami usahakan (pada) Februari (sebelum Piala Asia U-20) di Uzbekistan (proses naturalisasi mereka) sudah rampung, kami usahakan. Tapi memang untuk proses naturalisasi tidak sebentar. Butuh proses yang panjang meski akan diusahakan selesai lebih cepat," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

"Pokoknya komitmen Kemenpora dan Kemenkumham akan diproses secepatnya sesuai keinginan Shin Tae-yong," imbuhnya.

Baca Juga:

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Shin Tae-yong Bicara Peta Kekuatan Grup A Piala Asia U-20 2023

Yunus Nusi mengatakan Ivar dan Justin sudah meninggalkan Tanah Air untuk kembali ke klubnya masing-masing. Ivar merupakan pemain klub Belanda, FC Utrecht, sedangkan Justin bermain untuk tim asal Inggris, Wolverhampton Wanderers U-21.

"Mereka sudah pulang ke negaranya ke Belanda lalu akan bergabung kembali ke klub mereka. Proses administrasi sudah dijalankan," terang Yunus.

"Kami dengan Kemenpora dan Kemenkumham sudah dilaporkan mereka sambut baik. Insyaallah secepatnya diproses, 'kan targetnya sebelum Piala Dunia U-20 2023," pungkasnya.

Sebelumnya, Ivar dan Justin sudah mengikuti proses tahap awal naturalisasi dengan menghadiri wawancara bersama Badan Intelijen Negara (BIN) pada Selasa (25/10). Pada hari yang sama, mereka juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Timnas indonesia u-20 Ivar Jenner Justin Hubner Naturalisasi Pssi Yunus Nusi Piala Asia U-20 Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.274

Bagikan