Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2022: Serie A Tertinggal Jauh dari Premier League dan Bundesliga

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 02 April 2022
Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2022: Serie A Tertinggal Jauh dari Premier League dan Bundesliga
Salah satu laga di Serie A (Twitter)

BolaSkor.com - Ketika FIFA mengundi fase grup Piala Dunia Qatar 2022 di The Doha Exhibition and Convention Center, Qatar, Jumat (01/04) malam WIB, timnas Italia hanya bisa pasrah melihat hasil undian tersebut.

Seperti diketahui, juara empat kali Piala Dunia dan juara bertahan Piala Eropa tak kuasa melewati fase semifinal play-off Piala Dunia 2022 melawan Makedonia Utara meski mereka diuntungkan bermain di kandang - Stadio Renzo Barbera.

Italia mendominasi penguasaan bola (66 persen) dan menciptakan 32 tendangan, tetapi tak ada satu pun yang berbuah gol, malah Makedonia Utara mencetak gol dari Aleksandar Rajkovski di menit 90+2. Makedonia Utara menang 1-0.

Baca Juga:

Hasil Undian Babak Grup Piala Dunia 2022: Spanyol Saling Sikut dengan Jerman

Deretan Fakta Menarik dari Hasil Undian Piala Dunia 2022

Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022, Bagaimana Kondisi Mental Timnas Italia?

Pertama kali dalam sejarah Italia gagal lolos Piala Dunia beruntun setelah terakhir gagal pada 2018. Artinya terakhir kali Italia tampil di event bergengsi empat tahunan itu terjadi pada Piala Dunia 2014.

Kala itu Italia dilatih Cesare Prandelli dan masih diperkuat Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Thiago Motta, Daniele De Rossi, Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, dan Antonio Cassano.

Kegagalan Italia arahan Roberto Mancini lolos ke Piala Dunia 2022 turut dikomentari pelatih Lazio, Maurizio Sarri. Pelatih asal Italia berusia 63 tahun itu menilai kegagalan Italia tak lepas dari kualitas Serie A, liga sepak bola tertinggi di Italia, yang tertinggal jauh dari Premier League dan Bundesliga.

“Jika liga nasional mewakili sebuah gerakan, Inggris akan menjadi juara Eropa, dan juara dunia,” kata Sarri seperti dilansir dari Goal. "Tapi ini tidak lagi terjadi."

"Sepak bola kami memiliki beberapa masalah yang tampak jelas bagi saya. Tetapi tidak ada yang membicarakan masalah yang lebih serius. Jika Anda menempatkan diri Anda di depan TV, Anda melihat pertandingan Bundesliga dan Premier League, dan kemudian Anda melihat stadion Italia, Anda bertanya-tanya 'Di mana kami?'."

"Kami 30, 40, 50 tahun tertinggal di belakang yang lain. Tidak ada yang pernah berbicara tentang struktur. Ada kurangnya perhatian pada semua detail dan kami telah membayarnya untuk itu," cetus eks pelatih Napoli, Chelsea, dan Juventus itu.

Italia salah satu negara besar atau tradisional yang tidak lolos ke Piala Dunia 2022 selain Cili, Kolombia, Norwegia, dan Mesir.

Breaking News Italia Timnas Italia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Serie a Maurizio Sarri
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.155

Bagikan