Ismed Sofyan Gantung Sepatu

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 05 Februari 2024
Ismed Sofyan Gantung Sepatu
Ismed Sofyan ketika mengangkat trofi Liga 1 yang diraihnya pada musim 2018. (Media Persija)

BolaSkor.com - Ismed Sofyan mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola profesional. Itu disampaikan Ismed melalui akun Instagram pribadinya, @ismedsofyan14, Senin (5/2).

Ismed mengakhiri kariernya di klub Liga 2, FC Bekasi City. Laga antara FC Bekasi City kontra Persela Lamongan di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Minggu (3/2), menandai perjalanan karier Ismed sebagai pesepakbola profesional telah selesai.

Di pertandingan itu, Ismed turun dari bangku cadangan. Pemain 45 tahun itu dimainkan pada menit 67 menggantikan Hambali Tolib.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: PSM Makassar Gasak Persita 4-0, Persebaya Bungkam Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Persis, PSS Juga Imbang

Total, Ismed tampil dalam 13 pertandingan Liga 2 bersama FC Bekasi City. Namun, Ismed gagal membawa FC Bekasi City ke semifinal setelah menempati peringkat terakhir (4) Grup Y babak 12 besar Liga 2 2023/2024.

"Ada jenis kehidupan baru di depan, penuh dengan pengalaman yang menunggu untuk terjadi, beberapa menyebutnya pensiun. Saya menyebutkan kebahagiaan," kata Ismed dikutip dari akun Instagram pribadinya.

"25 tahun saya berkarier sebagai pesepakbola profesional, 03 Februari lalu saya memutuskan menggantung sepatu. Tujuan saya Alhamdulillah tercapai. Saya ingin pensiun sebagai pemain," tutur Ismed.

Dalam pesannya itu, Ismed secara khusus menyampaikan terima kasih kepada suporter Persija Jakarta, The Jakmania. Sebelum bergabung dengan FC Bekasi City pada Juli 2023, Ismed lama bermain untuk Persija.

Ismed memperkuat Persija selama 20 tahun lebih dan menjadikannya sosok yang paling dihormati oleh The Jakmania. Loyalitas dan totalitas Pak Haji -sapaan akrab Ismed Sofyan- membuatnya mendapat tempat spesial di hati para suporter Macan Kemayoran.

Selama memperkuat Persija, Ismed Sofyan berhasil mempersembahkan satu trofi Liga 1 dan satu trofi Piala Presiden. Ismed meraihnya pada tahun yang sama, yakni 2018.

Ismed bergabung dengan Persija dari Persijatim Jakarta Timur (sekarang bernama Sriwijaya FC-Red) pada Januari 2002. Sebelumnya, setelah lulus dari Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan pada 1998, Ismed direkrut PSBL Langsa pada 1998. Hanya setahun di sana, Ismed memutuskan hengkang ke Persiraja Banda Aceh pada 1999, sebelum direkrut Persijatim pada 2001.

Ismed Sofyan menutup karier profesional di FC Bekasi City. Ismed resmi mengumumkan pensiun. (Instagram)

Sementara di level tim nasional, Ismed pertama kali dipanggil saat memperkuat timnas pelajar dalam sebuah turnamen di India tahun 1997. Setelah itu, Ismed promosi ke Timnas U-19 sampai Pra-Olimpiade 2000.

Tampil bagus di level junior membuat Ismed mencatatkan debut untuk Timnas Senior di usia yang masih sangat muda, yakni 21 tahun. Debutnya terjadi pada 13 Oktober 2000, tepatnya saat Timnas Indonesia menghadapi Kuwait di partai pertama Grup B Piala Asia 2000.

Ismed juga masuk di skuad Piala Asia 2004 dan 2007. Total, pemain yang identik dengan nomor punggung 14 itu menorehkan 53 caps dengan sumbangan tiga gol untuk Timnas Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Jakmania yang masih men-support selama saya berkarier di mana pun saya berada. Kalian selalu luar biasa," tutur Ismed.

"Terima kasih kepada Persija yang sudah memberi kesempatan bergabung selama 21 tahun untuk mengukir prestasi bersama dengan Jakmania."

"Dan, terima kasih untuk FC Bekasi memberi kesempatan bergabung selama satu musim dan pensiun di sini," ucap Ismed.

Happy Retirement Legend!

Ismed sofyan Persija jakarta FC Bekasi City Timnas Indonesia Liga 1 Liga 2 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.488

Bagikan