Piala Asia 2023

Indra Sjafri Bela Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Digilas Libya 0-4

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 04 Januari 2024
Indra Sjafri Bela Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Digilas Libya 0-4
Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri saat memberikan keterangan kepada awak media di Lapangan A Senayan, Jakarta, Jumat (15/9). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, membela pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pembelaan itu disampaikan Indra usai Timnas Indonesia digilas Libya 0-4 dalam uji coba di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki.

Menurut Indra Sjafri, kekalahan dalam sebuah pertandingan uji coba tak perlu dibesar-besarkan. Sebab, laga itu biasanya dipakai untuk menguji formasi dan taktik pelatih.

Apalagi persiapan Timnas Indonesia untuk menghadapi laga itu pun tidak ideal. Beberapa pemain baru bisa bergabung jelang laga, seperti Justin Hubner.

Sementara itu, Ivar Jenner dan Rafael Struick baru mengikuti latihan pada Jumat (29/12), atau empat hari sebelum pertandingan. Shin Tae-yong juga tidak bisa memainkan Shayne Pattynama, yang kembali ke Belanda untuk urusan keluarga.

"Namanya uji coba, pasti ada hal-hal yang dicoba. Event resmi, itulah yang menjadi ukuran bahwa tim itu oke atau tidak."

Baca Juga:

Siap untuk Piala Asia, Elkan Baggott Tatap Serius Dua Uji Coba Terakhir

Witan Sulaeman Nyaman dengan Peran Baru dari Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

"Tapi di masa uji coba, apalagi ini sudah lama pemain-pemain tidak berkumpul dan banyak pemain-pemain baru, yang baru bergabung. Tentu coach Shin (Tae-yong) butuh waktu untuk tim bisa solid," kata Indra Sjafri di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (4/1).

Sebagai Dirtek PSSI, Indra Sjafri rutin berkomunikasi dengan Shin Tae-yong dan Nova Arianto terkait perkembangan Timnas Indonesia. Pelatih yang mempersembahkan medali emas SEA Games 2023 bersama Timnas Indonesia U-22 itu ingin memastikan semua program tim nasional jelang Piala Asia berjalan baik.

"Setiap hari kita komunikasi, tapi tidak perlu saya ekspos, (kalau) saya berkomunikasi. Dengan Nova, dengan coach Shin lewat Jeje (Jeong Seok-seo, penerjemah STY-Red), semua program selama ini juga lewat Departemen Teknik," tutur Indra Sjafri.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Irak jadi lawan pertama Tim Merah-Putih pada 15 Januari. Setelah itu, bertemu Vietnam pada 19 Januari dan Jepang (24/1).

Timnas Indonesia Libya Indra sjafri Shin Tae-yong Uji coba timnas Piala Asia Piala Asia 2023 Tc timnas Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.424

Bagikan