Indra Sjafri Bakal Libatkan Pemain Diaspora dalam TC Timnas Indonesia U-20 Bulan Maret

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 31 Januari 2024
Indra Sjafri Bakal Libatkan Pemain Diaspora dalam TC Timnas Indonesia U-20 Bulan Maret
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, rencananya akan memanggil sejumlah pemain keturunan yang sedang merumput di luar negeri atau diaspora pada pemusatan latihan atau training camp (TC) bulan Maret nanti.

Indra mengatakan saat ini dirinya masih menginventarisasi profil dari para pemain tersebut. Sebab, hanya pemain kelahiran maksimal 1 Januari 2005 (19 tahun) yang bisa dilibatkan.

Timnas Indonesia U-20 asuhan Indra Sjafri ini disiapkan untuk berlaga di Piala AFF U-19 2024 serta Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Kemudian, target besarnya adalah lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2025 di Cile.

"Kami sudah berkomunikasi dengan mereka. Nanti di (periode) FIFA Matchday bulan Maret, kami (Timnas U-20) akan melakukan pemusatan latihan lagi," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri menambahkan, para pemain yang dia maksud itu dua di antaranya adalah Welber Jardim dari Sao Paulo U-17 dan Amar Brkic yang bermain untuk Hoffenheim U-17. Mereka merupakan bagian dari skuad Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:

Indra Sjafri Dapat Gambaran Skuad Timnas U-20 Usai Kalah Dua Kali di Uji Coba

Terungkap Fakta Sananta Diparkir STY di PIala Asia, Cedera Pinggang dan Sempat Dibawa ke RS

"Terus ada pemain-pemain kita yang bermain di Spanyol, liga 4, dan sebagainya. Kami sudah berkomunikasi dengan mereka, CV dan profil mereka sudah kami terima, dan tak tertutup kemungkinan (untuk dipanggil ke TC berikutnya)," tutur Indra Sjafri.

"Ini kan sudah kebijakan dari PSSI dan pemerintah, bahwa kalau ada anak-anak keturunan, misalnya yang memang berkualitas dan sudah berpaspor Indonesia, kami akan akomodir," ujarnya menambahkan.

Adapun dari 30 pemain yang ada di skuad Timnas Indonesia U-20 saat ini, Indra Sjafri mengakui hanya 17 pemain yang berpeluang kembali dilibatkan dalam pemusatan latihan.

Penilaian itu dilakukan Indra Sjafri setelah menggelar pemusatan latihan di Doha dan Jakarta sejak akhir Desember 2023. Timnas Indonesia U-20 juga melakukan beberapa kali uji coba, termasuk menghadapi Thailand dan Uzbekistan di Jakarta.

Dua kali uji coba itu berakhir dengan kekalahan. Masing-masing dengan skor 1-2 dari Thailand dan 2-3 saat bertemu Uzbekistan.

"Dan tim ini akan berlanjut melakukan TC sampai tanggal 10 (Februari) untuk nanti kami memastikan ada satu atau dua kali uji coba lagi, untuk memastikan dari 30 pemain tersebut siapa-siapa saja yang benar-benar bisa kita jadikan bagian dari Tim Nasional U-20," ucap pelatih yang berhasil mempersembahkan medali emas SEA Games 2023 tersebut.

Timnas indonesia u-20 Indra sjafri Welber Jardim Amar Brkic Tc timnas Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.376

Bagikan