Indonesian e-Football Cup Jadi Terobosan Baru IFeL di Kancah Sepak Bola Virtual

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 24 Oktober 2023
Indonesian e-Football Cup Jadi Terobosan Baru IFeL di Kancah Sepak Bola Virtual
Konferensi pers Trilogy of IFeLeague di Lucy in The Sky SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (24/10). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Indonesian Football e-League atau IFeL membuat terobosan baru pada tahun ini dengan menggulirkan Indonesian e-Football Cup. Turnamen itu akan mempertemukan tim-tim dari IFeL Liga 1 dan IFeL Liga 2.

Indonesian e-Football Cup akan berlangsung pada 28 Oktober sampai dengan 11 November. Setelah itu, IFeL bakal menggulirkan IFeL Liga 1 dan IFeL Liga 2 secara bersamaan. IFeL menyebut ketiga kompetisi itu sebagai' Trilogy of IFeLeague'.

Pada tahun ini, IFeL memberikan kesempatan kepada para player dari platform mobile untuk ikut berkompetisi. Di dua edisi sebelumnya, IFeL hanya menggelar kompetisi untuk platform konsol.

Total, ada 36 player yang akan bersaing dengan mewakili 9 klub Liga 1 dan 9 klub Liga 2. Ke-36 player itu terdiri dari 18 player konsol dan 18 player mobile.

"Sebetulnya kalau berbeda (dari musim-musim sebelumnya) karena sekarang kita tahu mobile gaming lagi berkembang lebih pesat dan IFeL mengambil kesempatan itu untuk memberikan wadah ke komunitas mobile juga. Jadi, kami mau kombinasikan antara konsol dan mobile," kata CEO IFeL, Wiramahesa Putra Sutopo di Lucy in The Sky SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (24/10).

Kemudian, terkait dengan ajang Indonesian e-Football Cup, Putra sangat antusias. Menurutnya, lewat turnamen ini akan menghadirkan keseruan yang tidak didapat di edisi-edisi sebelumnya.

"Karena ini gabungan IFeL Liga 1 dan Liga 2, jadi belum ada tim yang menonjol karena ini semua di-combine," ucap Putra.

Untuk meningkatkan persaingan, IFeL mengundang dua player internasional, yakni eks pemain Barcelona eSports, Alejandro Alguacil Seguera (konsol) dan Chomkata Yupraphat (mobile) dari Thailand. Keduanya akan memperkuat Bali United.

Seguera pernah menjadi juara e-Football Pro pada tahun 2020 dan juara dunia 3v3 pada 2018. Sedangkan, Chomkata meraih gelar IFeL SEA Championship 2023 bersama Master Sirawut Rungratkasikul.

Musim lalu, IFeL juga menghadirkan dua pemain dari luar negeri, yakni Yos Sonneveld dan Guilherme Fonsesca. Ketika itu, Sonneveld memperkuat PSIS Semarang dan Fonsesca mewakili RANS Nusantara.

"Kita dari 2022 mengajak dan mengundang pemain dari Eropa, tujuannya kami ingin memberikan kesempatan pemain-pemain Indonesia bisa bersaing di level Eropa, karena untuk saat ini kita enggak dikasih kesempatan main di Eropa, jadi kita memutuskan untuk membawa pemain Eropa ke sini untuk memberikan kesempatan ke pemain-pemain. Tahun ini kita mendatangkan player dari Barcelona," ucap Putra.

Sementara itu, juara bertahan IFeL Liga 1, Rizky Fadian, merasa persaingan bakal semakin ketat dan menarik. Terutama dengan digelarnya Indonesian e-Football Cup.

Meski demikian, Rizky mengaku siap bersaing untuk mempertahankan gelar IFeL Liga 1. Rizky yang pada musim ini mewakili Persik Kediri tak gentar bersaing, sekalipun dengan Seguera yang sudah punya nama besar di kancah eFootball.

"Ini (pemain asing) bukan hal baru, season lalu sudah ada. Ini bukan jadi halangan kita, (justru) jadi motivasi," ucapnya.

Berikut daftar pemain yang berpartisipasi pada Trilogy of IFeLeague:

Liga 1

Borneo FC: Elga Cahya Putra & Dennis Bernard Khu

Dewa United: Rommy Hadiwijaya & Rahmat Hidayat

Persita Tangerang: Haerul Wibowo & Romico

Persis Solo: Puspampa Ibrahim & M Zidane Al-fayeed

Bhayangkara FC: Moh Akbar Paudie & Asgard Azizi

PSS Sleman: Sakti Aulia Sulistyo & Indra Satria

Arema FC: Ferry Gumilang & Ferry Andreansyah

Madura United: Bayu Habibie & Yoga Andi S

Persik Kediri: Rizky Faidan & Philip Franc

Bali United: Alejandro Alguacil Segura & Chomkata Yupraphat

Liga 2

FC Bekasi City: Indra Tajusa & Agung Riski Pebrianto

Kalteng Putra: Murayaman & Pandhu Aldymas

Malut United: Riza Alfiqri & Rafi Rabbani

Nusantara United: Rio DS & Huda Yuliviar

Persekat Tegal: Iqbal Tanjung & Rosyid Ridho

Perserang Serang: M Abdul Aziz & Yudha Adi Prasetyo

Persijap Jepara: Irfan Allutfi & Kevin Bimantara

Persiraja Banda Aceh: Widi Setianto & M Haikal

Malut United: Marsiano Lindia & Rengga Sheva

Ifel liga 1 Ifel liga 2 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.339

Bagikan