Piala Asia 2023

Incar Kemenangan, Timnas Indonesia Serius Hadapi Pertemuan Kedua dengan Libya

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 05 Januari 2024
Incar Kemenangan, Timnas Indonesia Serius Hadapi Pertemuan Kedua dengan Libya
Skuad Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Turki. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, lebih serius menyambut laga kedua melawan Libya yang akan digelar di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Jumat (5/1) malam WIB.

Shin Tae-yong mengatakan saat pertemuan pertama dengan Libya pada 2 Januari, dirinya hanya menjadikan laga tersebut sebagai ajang untuk mengembalikan insting pertandingan kepada para pemainnya setelah dua pekan berlatih di Antalya.

Karena itu, kekalahan dengan skor telak 0-4 yang diterima Timnas Indonesia saat itu tidak berarti apa-apa untuk Shin Tae-yong. Namun, untuk partai malam nanti, Shin Tae-yong akan mulai menguji kekuatan utama Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk mengarungi Piala Asia 2023 pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Partai melawan Libya hari ini pun menjadi penutup dari rangkaian pemusatan latihan atau training camp (TC) Skuad Garuda di Antalya, Turki, yang berlangsung sejak 23 Desember 2023. Setelah ini, TC akan dilanjutkan di Qatar.

"Secara keseluruhan para pemain sedikit (kondisinya) masih lelah, tetapi tetap kita latihan hari ini (kemarin-Red) juga akan fokus untuk pertandingan besok (hari ini-Red)," kata Shin Tae-yong.

"Dan pertandingan kemarin melawan Libya fokusnya daripada hasil pertandingan, tapi fokus ke insting pertandingan, fisik pertandingan, jadi hasil tidak terlalu penting. Tapi untuk besok (hari ini-Red) akan fokus ke organisasi dan mungkin akan berusaha untuk menang," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan.

Baca Juga:

26 Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Rival Timnas Indonesia: Vietnam Kehilangan Pilar Penting, Gelandang Veteran Anggap Biasa

Shin Tae-yong tak menampik bahwa kekalahan telak dari Libya di pertemuan pertama membuat Timnas Indonesia menjadi sorotan. Sebab, laga perdana Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023 kontra Irak tinggal 10 hari lagi, tepatnya pada 15 Januari.

Namun, Shin Tae-yong kembali membela diri. Dia mengatakan hasil dari laga itu bukan ukuran dari kekuatan Timnas Indonesia yang sebenarnya.

"Memang dibicarakan terus ya masalah pertandingan kemarin, padahal pertandingan itu tidak berarti apa-apa, hanya tes saja, (tes) fisik pemain dan juga sekalian meningkatkan fisik pemain juga, jadi kita gak bisa menyalahkan satu-satu (pemain) di pertandingan kemarin," tutur Shin Tae-yong.

Selain bertemu Irak, di fase grup Piala Asia nanti, Timnas Indonesia juga bakal menghadapi Vietnam dan Jepang. Laga kontra Vietnam berlangsung pada 19 Januari, sedangkan melawan Jepang 24 Januari.

Sebelum itu, Timnas Indonesia masih akan menjalani satu uji coba lagi melawan Iran pada 9 Januari. Partai tersebut dihelat di Qatar.

Timnas Indonesia Libya Uji coba timnas Tc timnas Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.424

Bagikan