MMA

INAMMAF Resmi Dibentuk, Jalan Atlet Seni Bela Diri Campuran Tanah Air ke Kancah Dunia Kian Terbuka

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 27 November 2023
INAMMAF Resmi Dibentuk, Jalan Atlet Seni Bela Diri Campuran Tanah Air ke Kancah Dunia Kian Terbuka
Ketua INAMMAF, Dimaz Raditya Nazar Soesatyo, saat melayani wawancara dengan awak media. (istimewa)

BolaSkor.com - Olahraga seni beladiri campuran atau yang populer dengan nama Mixed Martial Arts (MMA) semakin berkembang di Indonesia. Atlet yang menggeluti olahraga itu pun semakin banyak.

Karena itulah, pada Sabtu (25/11) kemarin, di Balai Sarbini, Jakarta, Indonesian Mixed Martial Art Federation atau INAMMAF resmi dikukuhkan. Hadir dalam acara tersebut Mohammed Shahid dari Federasi Bela Diri Dunia atau IMMAF (International Mixed Martial Arts Federation).

Ketua INAMMAF, Dimaz Raditya Nazar Soesatyo, antusias dengan diresmikannya badan olahraga tersebut. Dia mengatakan INAMMAF hadir untuk menjadi jalan para petarung Tanah Air untuk bersaing di kancah internasional.

"INAMMAF punya jenjang karier yang tinggi karena terafiliasi dengan IMMAF, sehingga sejak kemarin kami mengirim atlet MMA khusunya bidang amatir ke kancah internasional," kata Dimaz.

Untuk program kerja, Dimaz menjelaskan bahwa INAMMAF akan menggelar berbagai event di beberapa kota untuk menjaring para atlet berbakat. Nantinya, atlet yang punya potensi akan dikirim untuk berlaga di kejuaraan internasional.

"Targetnya akan membuat event sebanyak mungkin, karena untuk mengetahui potensi atlet sebelum dikirim ke dunia internasional,” katanya.

Dimaz menuturkan, INAMMAF akan mewadahi para atlet berusia 19 tahun ke atas. Selain itu, program INAMMAF juga menyasar sampai penataran wasit, juri, dan sporting.

Pada 22-23 November, INAMMAF telah membuat penataran atau pelatihan wasit batch pertama yang diikuti 18 wasit dari berbagai federasi bahkan negara seperti Iran, Malaysia, dan Siprus dengan standar internasional dari IMMAF

Atas tujuan dan capaian tersebut, kata Dimaz, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo siap mendukung INAMMAF. Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) INAMMAF, William Ernest Silanoe.

"INAMMAF hadir untuk berkolaborasi mengembangkan atlet Tanah Air ke kancah internasional dengan membawa nama baik Indonesia," ujar Ernest.

"INAMMAF juga secara langsung berafiliasi dengan BRAVE Combat Federation untuk karir pro-nya," tambahnta.

Sebagai langkah awal berdirinya INAMMAF, enam pertandingan MMA dari berbagai kelas yang diikuti oleh 12 atlet sukses digelar di Balai Sarbini, Jakarta. Ajang itu berlangsung pada Sabtu (25/11).

MMA Mixed Martial Arts Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.348

Bagikan