Imbas Performa Buruk, Lorenzo Kritik Motor Yamaha

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 09 Mei 2023
Imbas Performa Buruk, Lorenzo Kritik Motor Yamaha
Jorge Lorenzo (twitter)

BolaSkor.com – Legenda MotoGP, Jorge Lorenzo akhirnya angkat bicara terkait buruknya performa motor Yamaha. Menurut peraih tiga kali gelar juara dunia ini, motor Yamaha mulai kehilangan jati dirinya.

Musim 2023 menjadi tahun terburuk bagi Yamaha. Tim berlambang garpu tala itu belum juga bisa keluar dari jurang keterpurukan.

Tercatat dari empat balapan yang sudah dijalani, Yamaha hanya berhasil membawa pulang podium sebanyak satu kali. Itu pun hanya berupa podium ketiga.

Sebagai mantan pembalap Yamaha, kondisi ini jelas membuat Lorenzo kecewa. Padahal dulu Yamaha dikenal memiliki motor yang kompetitif.

“Yamaha memang tidak pernah memiliki mesin terbaik atau paling bertenaga. Tidak pernah dalam sejarah. Cara mereka membuat mesinnya? Bukan berasal dari gagasan memiliki tenaga maksimal,” tutur Lorenzo, dikutip dari crash.net.

“Di sisi lain ini memberikan karakteristik bagus untuk motornya. Contohnya stabilitas saat melewati tikungan. Lebih lincah bagi motor dalam melewati tikungan, lebih gampang, dan bersahabat bagi pembalapnya,” tambahnya.

Namun beberapa tahun terakhir, Yamaha justru berubah total. Seolah tim papan atas ini kehilangan arah dalam mengembangkan motornya.

“Sepertinya beberapa tahun terakhir, mereka kehilangan poin terkuatnya. Namun belum mendapatkan apa yang dibutuhkan dari sudut pandang mesin, dengan tenaga dan akselerasi,” ungkap Lorenzo.

“Sekarang motornya tidak memiliki poin kuat, seperti sebelumnya. Saya tidak mengatakan motornya buruk karena saya yakin bisa kompetitif, hanya saja tidak cukup kuat untuk bersaing memperebutkan gelar juara”.

“Khususnya jika kamu memiliki pembalap sekelas Fransesco Bagnaia, di mana dia sangat dewasa dan ada tujuh pembalap Ducati lain, serta pabrikan lain, seperti KTM. Ini terlihat seperti Yamaha kehilangan arah,” tambahnya.

Kendati demikian, Lorenzo sudah tidak dapat berbuat banyak. Semenjak diputus kontrak menjadi pembalap penguji Yamaha pada musim 2021 lalu, X-Fuera tidak bisa lagi memberikan masukan dalam pengembangan motor Yamaha.

“Sangat disayangkan karena saya pernah dikontrak sebagai pembalap penguji. Bersama saya, kamu tidak akan pernah tahu, tapi saya mengetahui motor mereka dan saya bisa menolong mereka menemukan jalannya kembali, untuk mengembangkan motornya. Namun sekarang mereka memiliki pembalap penguji lain,” tandasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Jorge lorenzo Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan