IBL Sudah Bergulir, Proliga Kapan?

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 15 Maret 2021
IBL Sudah Bergulir, Proliga Kapan?
Proliga 2020 (BolaSkor/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Gairah industri olahraga Indonesia mulai kembali menggeliat dengan dimulainya Indonesia Basketball League (IBL) 2021 pada 10 Maret. Selanjutnya, sepak bola juga bakal memulai langkah lewat Piala Menpora mulai 21 Maret 2021.

Perbasi dan PSSI selaku induk dari cabang olahraga basket serta sepak bola memang aktif mensosialisasikan format kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat. Berulang kali IBL, PSSI, Perbasi, dan LIB melakukan rapat mediasi dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Satgas Covid-19, BNPB, dan Kepolisian agar kompetisi bisa jalan lagi.

Sayangnya, langkah serupa tidak dilakukan PBVSI untuk Proliga. Setelah dihentikan akibat pandemi Covid-19 pada 2020, kompetisi voli tertinggi Tanah Air itu seperti tak punya niat bangkit.

Belum ada protokol kesehatan yang disusun PBVSI terkait Proliga. Padahal, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, siap membantu semua kompetisi profesional unk bergulir kembali.

Baca Juga:

Munaslub Diundur, PB ISSI Ingin Okto Mundur Tanpa Beban

Kalahkan Alter Ego, Dewa United Naik Peringkat

“Untuk Proliga, kami masih menunggu bagaimana protokol kesehatannya,” ujar Menpora saat mengunjungi IBL Bubble di Cisarua, Jawa Barat.

Lewat Rapat Kerja Nasional PBVSI yang berlansung pada 27 Februari, disepakati Proliga 2021 bergulir pada Juli. Namun, belum ada kepastian apakah kompetisi bisa diselenggarakan atau tidak.

“Proliga akan dilaksanakan pada Juli, tapi kami akan memantau selama periode tiga bulan sebelumnya. Jika pada Maret, April, dan Mei pandemi membaik, maka kemungkinan akan digelar Juli atau Agustus. Tempat maupun tanggal pelaksanaan masih tentatif," kata Ketua Umum PP PBVSI, Imam Sudjarwo.

Kepastian Proliga 2021 juga masih gantung lantaran belum ada sponsor. Pandemi Covid-19 membuat Proliga kesulitan dana.

“Jika sampai April tidak bisa menutupi 70 persen kebutuhan atau sponsornya terlalu sedikit, juga sangat memengaruhi pelaksaan Proliga," ujar Direktur Proliga, Hanny Surkatty.

Tak adanya kepastian kompetisi membuat pevoli Indonesia, Berlian Marsheilla resah. Di satu sisi, Berlian iri melihat basket dan sepak bola.

“Saya iri sekali dengan cabang lain, harusnya voli juga bisa mengikuti jejak itu. Berharap PBVSI bisa mendapat sponsor dan voli bisa jalan lagi. Jadi para pemain voli bisa menghasilakn gaji dan prestasi lagi,” ujar Berlian saat menjawab pertanyaan dari BolaSkor.com.

Ketidak pastiaan kompetisi membuat Berlian harus memutar otak mencari penghasilan. Namun, opsi gantung sepatu belum dipikirkan Berlian.

“Belum tahu akan pensiun atau tidak, saya merasa masih sanggup dan bisa bersaing,” ujar Berlian.

Breaking News Basket IBL Proliga Voli
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan