Howard Webb Menyesal Berikan Manchester United Hadiah Penalti

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 07 Mei 2020
Howard Webb Menyesal Berikan Manchester United Hadiah Penalti
Howard Webb (Twitter)

BolaSkor.com - Howard Webb merupakan salah satu wasit terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Namun citra sedikit tercoreng karena dianggap sering memberikan 'bantuan' kepada Manchester United.

Berkarier sebagai wasit elit pada periode 2003 hingga 2014, Webb dituding kerap mengambil keputusan kontroversial saat memimpin pertandingan Manchester United. Pada masa itu, Setan Merah memang tengah mendominasi Premier League di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Salah satu dasar tuduhan tersebut adalah seringnya Manchester United dihadiahi penalti saat Webb memimpin pertandingan. Dilansir Mirror, wasit berkepala plontos tersebut total tujuh kali memberikan hadiah itu kepada kubu Manchester merah dari 47 pertandingan.

Namun tuduhan tersebut tak bisa dibuktikan hingga Webb pensiun. Ia tetap diakui sebagai salah satu wasit terbaik dunia karena pernah memimpin laga final Piala Dunia 2010.

Menariknya, Webb baru-baru ini mengaku menyesal pernah memberikan satu hadiah penalti kepada Manchester United. Momen tersebut terjadi saat laga menghadapi Tottenham Hotspur pada musim 2008-2009.

Baca Juga:

Manchester United Dianggap Masih Tertinggal Jauh dari Machester City dan Liverpool

Jadi Striker Manchester United, Ighalo Belajar Banyak dari Solskjaer

Endus Kecurangan, FIFA Gelar Penyelidikan pada Transfer Bruno Fernandes ke Manchester United

Momen Michael Carrick dilanggar Heurelho Gomes.

Webb memberikan penalti kepada Manchester United saat tengah tertinggal 0-2 di Old Trafford. Saat itu Heurelho Gomes dianggap melanggar Michael Carrick di kotak terlarang.

Webb menyesal memberikan hadiah penalti. Ia tak yakin apakah momen tersebut benar-benar sebuah pelanggaran.

"Saya dapat melihat Carrick mendapat bola lebih dulu dan kiper menjatuhkannya, jadi saya menunjuk penalti. Namun, saya melihat raut kecewa dari Gomes dan dalam hitungan detik saya sadar telah salah mengambil keputusan," kata Webb kepada The Atletic.

"Saya harus teguh terhadap pilihan dan menolak intervensi. Saya hanya berharap Ronaldo gagal mencetak gol saat itu, tapi ternyata tidak."

Ronaldo yang maju sebagai eksekutor memang sukses menjalankan tugasnya. Gol tersebut kemudian menjadi momentum kebangkitan Manchester United untuk membalikkan keadaan dan menutup laga dengan kemenangan 5-2.

Kemenangan tersebut berarti penting bagi Manchester United. Tambahan tiga poin membawa mereka kembali ke puncak klasemen setelah sempat digusur Liverpool beberapa jam sebelumnya.

Manchester United akhirnya mampu mempertahankan posisinya hingga mengunci gelar juara. Tanpa disengaja, ada peran Webb dalam kesuksesan tersebut.

Howard Webb Manchester United Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan