Honda Akhirnya Bikin Joan Mir Tersenyum

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 01 Desember 2023
Honda Akhirnya Bikin Joan Mir Tersenyum
Joan Mir (twitter)

BolaSkor.com – Joan Mir akhirnya mampu memancarkan senyum sumringah sebelum pergantian musim. Pembalap asal Spanyol itu bahagia karena motor RC213V miliknya menunjukkan perubahan yang lebih baik.

Berakhir sudah penderitaan yang dialami Joan Mir sepanjang musim 2023 ini. Mantan pembalap Suzuki ini mampu merasakan kembalinya performa Honda usai menjalani tes Valencia di awal pekan ini.

“Saya sangat senang. Kita menunggu lama agar perubahan dapat dirasakan. Sekarang motornya dapat bekerja dengan baik,” tutur Mir.

“Hasilnya dan waktu lap dapat langsung terasa di sana (saat tes Valencia). Saya memiliki kecepatan yang bagus setiap putaran. Saya merasakan sangat kuat,” tambah pembalap berumur 26 tahun ini.

Mir menuturkan, salah satu perubahan besar yang dirasakannya terletak pada sisi grip motor. Peraih gelar juara musim 2020 menilai daya cengkram motor RC213V terbaru jauh lebih baik.

“Kita selalu mengkritik grip sepanjang tahun dan sekarang gripnya terasa lebih baik. Motornya juga terasa lebih ringan, di mana hal tersebut dapat sedikit menolong saaf mengerem dan mengarahkan motor. Saya juga merasakan feeling secara signifikan dan umpan balik dari ban bagian depan,” ungkap Mir.

Namun sektor grip bukan satu-satunya area yang mendapat perubahan. Dikabarkan Honda juga akan melakukan pengembangan di sisi elektronik pada tes pra-musim Sepang bulan Februari mendatang.

Mendengar kabar ini, Mir berharap Honda kembali menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Setidaknya pabrikan asal Jepang ini mampu mengurangi penggunaan elektronik dalam pendistribusian tenaga.

“Sekarang kita memiliki lebih banyak grip. Saya ingin elektronik tidak lagi berperan banyak pada distribusi tenaga. Jadi saya bisa mengontrol tenaga dengan tangan. Ini keuntungan saat grip ban berkurang,” jelasnya.

“(Karena) inilah yang saya miliki saat menjadi pembalap Suzuki, dan membuat saya selalu kuat hingga balapan selesai,” tandasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Joan Mir
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan