Timnas Indonesia

Heboh Erick Thohir Berjabat Tangan dengan Emil Audero, Jadi Dinaturalisasi?

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 13 April 2024
Heboh Erick Thohir Berjabat Tangan dengan Emil Audero, Jadi Dinaturalisasi?
Ketum PSSI Erick Thohir dan Emil Audero. (Instagram Erick Thohir)

BolaSkor.com - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan foto Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, yang melakukan jabat tangan bersama Emil Audero Mulyadi.

Kiper Inter Milan itu merupakan pemain keturunan Indonesia-Italia. Darah Indonesia mengalir dari sang ayah yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.

Penjaga gawang 27 tahun itu diprediksi bakal dinaturalisasi, meskipun sang ayah waktu beberapa tahun lalu mengungkapkan Emil Audero tak berniat membela Timnas Indonesia. Ia masih mengejar mimpi untuk bisa dipanggil ke timnas Italia senior.

Emil Audero merupakan kiper sarat pengalaman berkiprah di kompetisi elite Italia, Serie A. Ia pernah memperkuat Juventus, Venezia, dan Sampdoria. Emil Audero juga pernah membela timnas Italia dari U-15 sampai U-21.

Baca Juga:

Persiapan Timnas Indonesia U-23 Makin Matang Jelang Lawan Qatar

Video Anak Gawang: Liga 1 Dimutilasi PSSI demi Prestasi Timnas U-23, Wajar Enggak Sih?

View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Wajib ditunggu apakah Emil Audero bakal dinaturalisasi PSSI? Jika memang itu terjadi, Timnas Indonesia makin memiliki banyak pilihan di sektor penjaga gawang, setelah Maarten Paes sedang dalam proses naturalisasi.

Kiper FC Dallas itu hanya tinggal melakukan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI), dan menyelesaikan masalah administrasi perpidahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia). Pasalnya, ia tersandung regulasi FIFA.

Poin B (iii) pada pasal Perpindahan Asosiasi yang ada di Statuta FIFA menyebutkan, "pada saat diturunkan untuk pertandingan terakhirnya secara resmi kompetisi dalam sepak bola apa pun untuk asosiasinya saat ini, dia belum menginjak usia 21 tahun."

Dari pernyataan FIFA di atas, tidak sejalan dengan kiprah Maarten Paes. Kiper berusia 25 tahun itu pernah membela timnas Belanda U-21 di ajang Kualifikasi Piala Eropa U-21, 15 November 2020 lalu. Maarten Paes sudah berusia 22 tahun saat memainkan laga melawan Belarusia U-21 selama 90 menit.

PSSI pun sedang melakukan banding ke Arbitrasi Olahraga alias CAS. Namun, tak tahu secara pasti apa yang diadukan PSSI ke CAS.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Selain itu, ada kiper keturunan Indonesia lainnya, yakni Cyrus Margono. Kiper 22 tahun itu bermain untuk Panathinaikos B. Ia baru saja mendapat status WNI.

Emil Audero Mulyadi Pssi Erick thohir Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.182

Bagikan