Hati dan Cinta dari Hoki untuk Dunia

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 21 Maret 2022
Hati dan Cinta dari Hoki untuk Dunia

BolaSkor.com - Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia telah sukses menyelenggarakan kejuaraan Men's AHF Cup (Piala AHF Putra) 2022 yang merupakan turnamen single event pertama tingkat Asia di Tanah Air untuk cabang olahraga hoki. Kegiatan ini digelar mulai 11-20 Maret 2022.

Kesuksesan di Piala AHF Putra ternyata membawa berkah tersendiri bagi PP FHI. Pasalnya, mereka kembali ditunjuk sebagai tuan rumah dengan level turnamen yang lebih tinggi oleh Federasi Hoki Asia (AHF), yakni Piala Asia Hoki Putra 2022, pada Mei mendatang.

Kepastian tersebut disambut dengan baik oleh Ketua Umum PP FHI, Mayjen TNI AD Budi Sulistijono. Dia berjanji, Indonesia bakal lebih optimal menjadi tuan rumah di Piala Asia Hoki Putra 2022.

"Saya menerima perintah dari AHF untuk menggelar Piala Asia Hoki 2022 yang dilakukan pada 23 Mei sampai 1 Juni 2022. Tentu, ini jadi suatu kehormatan luar biasa bagi kami untuk menggelar single event yang terbesar di Asia," kata Budi ketika ditemui di Lapangan Hoki GBK, Minggu 21 Maret 2022.

"Kami ingin sukses menggelar Piala Asia Hoki 2022 dan tentu saja ingin mendapatkan prestasi," tambahnya.

Demi mewujudkan tekad tersebut, PP FHI pun bersiap mengirim para atletnya untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Malaysia selama dua bulan. Sebanyak 22 pemain akan dibawa pada TC tersebut yang dipilih dari skuad Piala AHF Putra 2022.

Nantinya, terpilih 18 pemain yang dipersiapkan menuju turnamen di Thailand sebelum tampil di Piala Asia Hoki 2022.

Tapi, sebelum TC, PP FHI akan lebih dulu melakukan evaluasi atas hasil skuad asuhan Dharmaraj di Piala AHF Putra 2022 yang gagal memenuhi target semifinal. Tim Merah Putih hanya finis di urutan ketujuh.

"Kami akan berencana untuk TC dua bulan di Malaysia karena di sana cukup banyak klub hoki yang mempunyai kemampuan di atas ke depan," kata Budi.

"Kami akan mempersiapkan atlet sebaik mungkin untuk tampil maksimal di Piala Asia Hoki 2022," tambah dia.

Di sisi lain, semarak Indonesia sebagai penyelenggara Piala Asia Hoki 2022 semakin ditegaskan dengan peluncuran logo baru turnamen tersebut oleh Chief Executive AHF, Dato' Tayyab Ikram.

Menggunakan kombinasi warna hitam, merah, dan hijau, logo itu diibaratkan stik hoki yang membentuk hati.

"Bagi kami, artinya sangat sederhana. Terdapat stik hoki yang merepresentasikan ikatan, tapi kami membuatnya seperti menyatu dan menggenggam stik hoki," tutur Dato' Tayyab.

"Jadi, kami membawa olahraga dan hoki untuk menyatukan segalanya. Ini seperti simbol kedamaian dan kemakmuran," jelas dia.

Piala AHF Putra 2022 sendiri dimenangkan Bangladesh yang menumbangkan Oman di partai final dengan skor 6-4.

Indonesia meraih posisi ketujuh setelah mengalahkan Uzbekistan 6-1 dalam perebutan peringkat 7-8, Minggu 20 Maret 2022.

Sementara, Piala Asia Hoki 2022 terdiri dari delapan tim peserta termasuk tuan rumah Indonesia. Terdapat lima negara yang sudah lolos lebih dulu berdasarkan peringkat yakni India, Malaysia, Pakistan, Korea Selatan, dan Jepang. Dua peserta lainnya adalah Bangladesh dan Oman yang merupakan finalis Piala AHF Putra 2022.

Hoki Breaking News
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan