Piala Asia 2023

Hasil Piala Asia 2023: Kalahkan Jepang, Irak Pastikan Tempat di 16 Besar

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 19 Januari 2024
Hasil Piala Asia 2023: Kalahkan Jepang, Irak Pastikan Tempat di 16 Besar
Selebrasi Aymen Hussein usai membobol gawang Jepang. (AFC)

BolaSkor.com - Timnas Irak berhasil membuat kejutan pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Tim dengan julukan Singa Mesopotamia itu menang atas Jepang 2-1 di Stadion Kota Pendidikan, Al-Rayyan, Jumat (19/1), sekaligus memastikan tiket ke babak 16 besar.

Irak tancap gas dengan mencetak gol cepat saat pertandingan baru memasuki menit kelima melalui tandukan Aymen Hussein. Sebelumnya, Aymen Hussein juga berhasil mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia di laga pertama.

Setelah gol ini, pertandingan menjadi semakin seru. Jepang coba menyamakan kedudukan lewat usaha Hiroki Ito. Namun, peluang itu masih bisa diamankan oleh kiper Irak, Jalal Hassan.

Timnas Jepang kembali mendapatkan kesempatan melalui Wataru Endo. Tendangan pemain asal Liverpool itu masih melenceng dari gawang Irak.

Baca Juga:

Ada Perbedaan Level, Jordi Amat Sebut Piala Asia Bagus untuk Perkembangan Timnas Indonesia

Hasil Lengkap dan Klasemen Grup B Piala Asia 2023: Australia Susul Qatar ke 16 Besar

Otomatis, Irak lebih banyak bertahan sambil sesekali melakukan serangan balik lawan. Menjelang babak pertama usai, Irak justru membuat kejutan dengan mencetak gol kedua.

Gol kembali dicetak oleh Aymen Hussein. Pemain bernomor punggung 18 itu meneruskan bola yang diumpan Ahmed Al-Hajjaj dengan sebuah tandukan.

Di babak kedua, pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu, melakukan perubahan besar. Lima pemain dimasukkan untuk mengubah keadaan, yakni Takehiro Tomiyasu, Ayase Ueda, Ritsu Doan, Reo Hatate, dan Daizen Maeda.

Namun, tim yang dijuluki Samurai Biru itu hanya bisa memperkecil skor menjadi 2-1 pada menit 90+3. Gol dicetak oleh Wataru Endo yang menerima assist Reo Hatate.

Hasil ini membuat Irak menggeser Jepang dari puncak klasemen Grup D dengan 6 poin, sekaligus memastikan satu tempat di babak 16 besar. Sementara itu, Jepang harus meraih kemenangan atas Timnas Indonesia di partai terakhir, Rabu (24/1).

Timnas Indonesia Jepang Irak Timnas Jepang Timnas Irak Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan