Piala Asia 2023

Hasil Perempat Final Piala Asia 2023: Tuan Rumah Qatar Menang Adu Penalti atas Uzbekistan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 04 Februari 2024
Hasil Perempat Final Piala Asia 2023: Tuan Rumah Qatar Menang Adu Penalti atas Uzbekistan
Selebrasi kemenangan para pemain Qatar usai menyingkirkan Uzbekistan. (Twitter)

BolaSkor.com - Tuan rumah Qatar merebut tiket terakhir ke babak semifinal Piala Asia 2023. Ini setelah tim asuhan Tintin Marquez menang atas Uzbekistan.

Qatar menantang Uzbekistan di Stadion Al Bayt, Al Qhor, Sabtu (3/2) malam WIB. Qatar turun dengan kekuatan penuh termasuk duet Almoez Ali dan Akram Afif di lini depan.

Sementara itu, Uzbekistan memasang Jaloliddin Masharipov sebagai ujung tombak. Ia ditopang oleh Abbosbek Fayzullayev dan Oston Urunov.

Meski Qatar lebih diunggulkan, tetapi Uzbekistan mampu memberikan perlawanan. Qatar memang unggul dalam penguasaan bola, yakni 55 persen berbanding 45 milik Uzbekistan. Namun, Masharipov dan kawan-kawan melepaskan shot lebih banyak, yakni 15 kali. Sedangkan, Qatar hanya mencatatkan sembilan tembakan.

Qatar unggul 1-0 di babak pertama, tepatnya menit ke 27. Keunggulan Qatar ini didapat setelah Utkir Yusupov melakukan gol bunuh diri pada menit 27.

Baca Juga:

Hasil Perempat Final Piala Asia 2023: Jepang Disingkirkan Iran

Hasil Perempat Final Piala Asia 2023: Kisah 'Cinderella' Tajikistan Berakhir, Korea Selatan Comeback atas Australia

Unggul 1-0 di babak pertama membuat Qatar lengah saat laga sudah memasuki pertengahan babak kedua. Ini dimanfaatkan oleh Uzbekistan untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 Odiljon Hamrobekov menit 59.

Skor 1-1 ini bertahan sampai babak kedua berakhir, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan. Di babak tambahan selama 2x15 menit, baik Qatar maupun Uzbekistan gagal mencetak gol tambahan, sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti.

Di babak ini, tiga dari lima penendang Qatar, yakni Akram Afif, Sultan Al Brake dan Pedro Miguel berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sementara itu, dua penendang penalti Qatar yang gagal adalah Almoez Ali dan Almahdi Ali Mukhtar.

Di kubu Uzbekistan, hanya dua dari lima eksekutor tendangan 12 pas yang berhasil, yaitu Otabek Shukurov dan Shakhboz Umarov. Sedangkan, Rustamjon Arshumatov, Zafarmurod Abdirahmatov dan Jaloliddin Masharipov gagal mengeksekusi penalti tersebut.

Qatar menang 3-2 (1-1) atas Uzbekistan di adu tos-tosan ini sekaligus merebut tiket ke semifinal. Pada babak semifinal, Qatar akan menantang Iran yang sukses menyingkirkan Jepang.

Timnas qatar Uzbekistan Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.040

Bagikan