Piala Asia 2023

Hasil Perempat Final Piala Asia 2023: Kisah 'Cinderella' Tajikistan Berakhir, Korea Selatan Comeback atas Australia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 03 Februari 2024
Hasil Perempat Final Piala Asia 2023: Kisah 'Cinderella' Tajikistan Berakhir, Korea Selatan Comeback atas Australia
Para pemain Korea Selatan merayakan kemenangan atas Australia. (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Yordania dan Korea Selatan berhasil melangkah ke babak semifinal Piala Asia 2023. Ini setelah kedua tim tersebut menang atas lawan-lawannya di babak perempat final, Jumat (2/2).

Yordania merebut tiket ke empat besar setelah menang tipis 1-0 atas Tajikistan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar-Rayyan, Qatar. Kemenangan Yordania ini pun tidak didapat dengan mudah.

Tajikistan yang merupakan tim debutan di Piala Asia 2023 berhasil tampil merepotkan. Tim asuhan Petar Segrt itu mampu melepaskan total 12 tembakan dengan dua di antaranya tepat sasaran.

Tajikistan juga unggul dalam penguasaan bola, meski cukup tipis, yakni 51 persen berbanding 49 milik Yordania. Gol yang memastikan kemenangan Yordania ini pun tercipta dari gol bunuh diri pemain Tajikistan, Vakhdat Khanonov pada menit 66.

Para pemain Yordania merayakan gol ke gawang Tajikistan di perempat final Piala Asia 2023. (Twitter)

Kekalahan ini sekaligus menyudahi kisah 'Cinderella' yang ditorehkan Tajikistan di Piala Asia 2023. Meski berstatus tim debutan, Parvizdzhon Umarbaev dan kawan-kawan berhasil melangkah jauh sampai perempat final.

Bahkan, di babak fase grup, Tajikistan mampu mengalahkan Lebanon. Kemudian, di 16 besar, Tajikistan menyingkirkan tim kuat, Uni Emirat Arab (UEA).

Baca Juga:

4 Alasan Shin Tae-yong Wajib Stay di Timnas Indonesia

5 Alasan Shin Tae-yong Harus Out

Sementara itu, pada pertandingan lainnya yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Korea Selatan berhasil melakukan comeback sensasional atas Australia. The Socceroos unggul terlebih dulu pada menit 42 lewat Craig Goodwin setelah menyelesaikan assist dari Nathaniel Atkinson.

Namun, kemenangan Australia yang sudah di depan mata buyar setelah Korea Selatan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 90+6. Gol dicetak oleh Hwang Hee-chan dari titik putik.

Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan. Di babak ini, Korea Selatan bermain lebih baik. Taeguk Warriors bahkan berbalik menang menjadi 1-2 setelah Son Heung-min menceploskan bola ke gawang Australia yang dikawal Mathew Ryan dari free kick.

Semenit setelah gol Son, Australia malah kehilangan satu pemain, yakni Aiden O'Neill, yang mendapatkan kartu merah. Kalah jumlah pemain membuat Australia kesulitan meladeni Korea Selatan dan skor 1-2 pun tidak berubah.

Korea Selatan akan menantang Yordania di babak semifinal pada 6 Februari mendatang. Dua tiket semifinal masih akan diperebutkan oleh Iran, Jepang, Qatar, dan Uzbekistan. Iran akan menghadapi Jepang, sedangkan Qatar menantang Uzbekistan. Kedua laga itu digelar pada Sabtu (3/2).

Timnas korea selatan Timnas australia Tajikistan Yordania Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.044

Bagikan